INDAH AMINY ZAHRA NAMSA, . (2012) MEANINGS OF FedEx ADVERTISEMENTS IN TIME MAGAZINES. Sarjana thesis, Universitas Negeri Jakarta.
Text
cover.pdf Download (90kB) |
|
Text
romawi.pdf Download (142kB) |
|
Text
skripsi.pdf Download (1MB) |
Abstract
Dalam studinya, penulis menggunakan teori Semiotika yang diusulkan oleh Roland Barthes. Barthes menyatakan bahwa Semiotika adalah studi mengenai proses signifikasi. Penulis menggunakan dua belas iklan FedEx di majalah Time pada tahun yang berbeda-beda untuk dianalisis dengan menggunakan semiotika. Studi ini menggunakan metode analisis deksripsi melalui gambar, teks dan warna iklan fedex yang terdapat dalam majalah Time. Hasil studi menunjukkan bahwa Fedex merupakan perusahaan yang bergengsi yang ditampilkan melalui warna putih, FedEx merupakan perusahaan pengiriman barang yang mendapatkan pengakuan dari pelanggannya yang disimbolkan pada warna ungu. Perusahaan FedEx merupakan salah satu perusahaan pengiriman barang terbaik dunia yang ditampilkan melalui warna hitam. Slogan ‘we live to deliver’ bermakna bahwa perusahaan FedEx ada untuk melayani pelanggannya dalam jasa pengiriman barang. Slogan tersebut ditulis tanpa jarak yang memiliki makna bahwa barang yang dikirim dengan menggunakan jasa FedEx sampai dengan cepat. FedEx juga mengirim semua jenis paket pengiriman yang disimbolkan pada teks ‘whatever it takes’. ‘FedEx Express’ memiliki makna bahwa perusahaan FedEx bekerja dengan cepat dalam melakukan pengiriman barang. Selain itu, FedEx memberikan pelayanan setiap saat dalam pengiriman barang yang disimbolkan pada warna oranye. Fedex juga menyediakan jasa pengiriman melalui jalur darat dan laut. Pengiriman melalui darat ditampilkan dengan gambar mobil yang terdapat dalam iklan. Gambar mobil juga mencerminkan bahwa pelanggan dapat melakukan pengiriman kapan pun. Pengiriman melalui jalur laut ditampilkan melalui gambar perahu. Warna hijau pada iklan juga menyimbolkan jasa pengiriman melalui darat. FedEx mengirim barang dengan cepat yang ditampilkan melalui gambar seorang lelaki yang lompat di tengah keramaian dan juga tim FedEx yang mengayuh perahu secara bersamaan. Karyawan FedEx adalah lelaki yang mencerminkan kuat membawa barang untuk dikirim ke pelanggannya. Hal ini ditunjukkan pada gambar lelaki yang ada di iklan. Tim FedEx berjuang menjaga paket pengiriman agar sampai ke pelanggannya yang ditampilkan melalui gambar naga pada iklan pengiriman melalui laut. FedEx mampu mengirim semua jenis paket untuk dikirim ke pelanggannya yang ditampilkan melalui gambar tangan yang menyimbolkan kekuatan. Pelanggan dapat mempercayai FedEx untuk mengirim paket mereka yang ditampilkan melalui warna biru. Kata Kunci: semiotik, fedex, iklan, majalah Time
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris Bahasa dan Kesusastraan > Sastra Inggris |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | putra putra putra |
Date Deposited: | 25 Oct 2019 11:41 |
Last Modified: | 25 Oct 2019 11:41 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/618 |
Actions (login required)
View Item |