ANALISIS PEMAHAMAN KONSEPTUAL PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN 5E BERBANTUAN PERMAINAN EDUKATIF PADA MATERI KONSEP MOL

ATIKA DEA MUMTAZA, . (2025) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEPTUAL PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN 5E BERBANTUAN PERMAINAN EDUKATIF PADA MATERI KONSEP MOL. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (152kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (713kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (245kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pemahaman konseptual peserta didik pada pembelajaran konsep mol menggunakan model pembelajaran 5E berbantuan permainan edukatif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2024/2025 di kelas X4 SMA Negeri 14 Bekasi dengan melibatkan 35 peserta didik. Data penelitian dikumpulkan melalui tes pemahaman konseptual, wawancara, catatan guru, dan reflektif jurnal. Pemahaman peserta didik dianalisis berdasarkan aspek pemahaman konseptual menurut Anderson dan Krathwohl (2017). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Tingkat pemahaman yang dimiliki oleh peserta didik akan dianalisis dan dikategorikan berdasarkan skema evaluasi konsep yang dikembangkan oleh Abraham (1994) yaitu paham, paham sebagian, paham sebagian dengan miskonsepsi, miskonsepsi, dan tidak paham. Hasil penelitian menunjukan pemahaman konseptual peserta didik sebagian peserta didik berada pada kategori “paham” dengan persentase rata-rata sebesar 51,29%. Maka, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran 5E dapat mengoptimalkan aktivitas peserta didik sehingga sebagian besar peserta didik memiliki pemahaman konsep yang baik pada materi konsep mol. Kata Kunci: Pemahaman Konseptual, Model Pembelajaran 5E, Permainan Edukatif, Konsep Mol ***** This study aims to determine the description of students' conceptual understanding in learning the concept of moles using the 5E learning model assisted by educational games. This study uses a qualitative method. The study was conducted in the even semester of the 2024/2025 academic year in class X4 of SMA Negeri 14 Bekasi involving 35 students. Research data were collected through conceptual understanding tests, interviews, teacher notes, and reflective journals. Student understanding was analyzed based on aspects of conceptual understanding according to Anderson and Krathwohl (2017). The data analysis technique used in this study uses the Miles and Huberman model, namely data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The level of understanding possessed by students will be analyzed and categorized based on the concept evaluation scheme developed by Abraham (1993), namely understanding, partial understanding, partial understanding with misconceptions, misconceptions, and not understanding. The results of the study showed that some students' conceptual understanding was in the "understanding" category with an average percentage of 51.29%. Thus, it can be concluded that the 5E learning model can optimize student activities so that most students have a good conceptual understanding of the mole concept material. Keywords: Conceptual Understanding, 5E Instructional Model, Educational Games, Mole Concept

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Darsef Darwis,M.Si. ; 2) Rika Siti Syaadah, M.Pd.
Subjects: Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Atika Dea Mumtaza .
Date Deposited: 21 Aug 2025 06:30
Last Modified: 21 Aug 2025 06:30
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/61849

Actions (login required)

View Item View Item