NUR HAMIDAH, . (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARGUMENT DRIVEN INQUIRY (ADI) BERBANTUAN MEDIA TRELLO TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS ARGUMENTASI SISWA KELAS XI SMK NEGERI 5 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (333kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (365kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (451kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) berbantuan media Trello terhadap keterampilan menulis teks argumentasi siswa kelas XI SMK Negeri 5 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif eksperimen. Adapun desain penelitian ini berupa True Expxerimental Design dengan rancangan Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling sehingga terpilih kelas XI TITL 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI TPM 2 sebagai kelas kontrol. Nilai rata-rata pretest yang didapatkan kelas eksperimen yaitu 59,41, sedangkan pada posttest mendapatkan 84,92. Pada kelas kontrol, nilai rata-rata pretest yang didapatkan yaitu 55,62, sedangkan pada posttest mendapatkan nilai 64,57. Uji prasyarat dilakukan dengan menggunakan bantuan SPSS 26. Uji normalitas (Kolmogorov-Smirnov) pada pretest kelas eksperimen mendapat nilai Sig. 0,102 > 0,05 dan kelas kontrol mendapatkan nilai Sig. 0,200 > 0,05. Sedangkan, pada posttest kelas eksperimen mendapatkan nilai Sig. 0,200 > 0,05 dan pada kelas kontrol mendapatkan nilai Sig. 0,200 > 0,05, maka dinyatakan data berdistribusi normal. Uji homogenitas menunjukkan rata-rata (based on mean) memperoleh nilai Sig. 0,123 > 0,05, maka dinyatakan data bersifat homogen. Uji hipotesis yang dilakukan menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05, maka terdapat perbedaan signifikan antara nilai pretest dan posttest yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Data tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) berbantuan media Trello terhadap keterampilan menulis teks argumentasi siswa kelas XI SMK Negeri 5 Jakarta. Berdasarkan hal tersebut, model pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) berbantuan media Trello dapat dijadikan model dan media pembelajaran yang efektif serta dapat mendukung pembelajaran menulis teks argumentasi. Model pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) berbantuan media Trello juga dapat diaplikasikan dalam keterampilan dan mata pelajaran lain. Kata Kunci: Model pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI), media Trello, keterampilan menulis, teks argumentasi. ***** This study aims to determine the effect of Argument Driven Inquiry (ADI) learning model assisted by Trello media on argumentation text writing skills of grade XI students of SMK Negeri 5 Jakarta. The research method used is experimental quantitative research. This research design is True Experimental Design with Pretest-Posttest Control Group Design. The samples used in this study were taken using simple random sampling technique so that XI TITL 2 class was selected as the experimental class and XI TPM 2 class as the control class. The average pretest value obtained by the experimental class was 59,41, while the posttest was 84,92. In the control class, the average pretest value obtained was 55,62, while the posttest obtained a value of 64,57. The prerequisite test was conducted using SPSS 26. The normality test (Kolmogorov-Smirnov) on the pretest of the experimental class got a Sig value. 0,102 > 0,05 and the control class got a Sig. 0,200 > 0,05. While on the posttest the experimental class got a Sig value. 0,200 > 0,05 and the control class got a Sig. 0,200 > 0,05, so it is stated that the data is normally distributed. The homogeneity test shows the average (based on mean) obtained a Sig value. 0,123 > 0,05, so the data is declared homogeneous. The hypothesis test conducted showed a Sig value. (2-tailed) 0,000 < 0,05, then there is a significant difference between the pretest and posttest scores which means H0 is rejected and H1 is accepted. The data shows that there is an effect of Argument Driven Inquiry (ADI) learning model assisted by Trello media on argumentation text writing skills of grade XI students of SMK Negeri 5 Jakarta. Based on this, the Argument Driven Inquiry (ADI) learning model assisted by Trello media can be used as an effective learning model and media and can support learning to write argumentation text. The Argument Driven Inquiry (ADI) learning model assisted by Trello media can also be applied to other skills and subjects. Keywords: Argument Driven Inquiry (ADI) learning model, Trello media, writing skills, argumentation text.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Prof. Dr. Fathiaty Murtadho, M.Pd.; 2) Reni Oktaviani, M.Pd. |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | NUR HAMIDAH . |
Date Deposited: | 25 Aug 2025 01:05 |
Last Modified: | 25 Aug 2025 01:05 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/61857 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |