PERAN ORANG TUA DALAM MEWUJUDKAN GENERASI SOCIETY 5.0

SITI NURHABIBAH, . (2025) PERAN ORANG TUA DALAM MEWUJUDKAN GENERASI SOCIETY 5.0. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (406kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (497kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA fix.pdf

Download (149kB)
[img] Text
LAMPIRAN TESIS SITI NURHABIBAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Society 5.0 menjadi suatu konsep tatanan yang baru bagi Masyarakat dimana akses informasi tanpa batas dapat mengaburkan batas antara dunia maya dan nyata, orang tua perlu memberikan struktur dan panduan yang membantu anak memahami etika digital, manajemen waktu daring, dan konsekuensi dari tindakan mereka di ranah virtual (Lim, 2005). Sebagai pendidik awal dan utama, orang tua bertugas menanamkan nilai-nilai, membentuk karakter, dan mendukung pembelajaran keterampilan yang relevan bagi anak-anak mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki secara mendalam terkait tren dan faktor-faktor yang mempengaruhi peran orang tua dalam mewujudkan generasi society 5.0. Metode penelitian menggunakan metode SLR (Systematic Literatur Review). Pengumpulan data diperoleh dengan mendokumentasi artikel yang terkait pada penelitian serupa. Artikel yang didapat dan digunakan pada penelitian ini yaitu 30 artikel jurnal international dapat diperoleh dari database scopus, eric. google scholar dan DOAJ data ini dianalisis dengan menggunakan aplikasi Nvivo 12 dan Supa.id dan prosedur analisis data ini menggunakan diagram prisma. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat lima faktor pendukung orang tua yaitu tingkat pendidikan orang tua, kesadaran peran, digital literacy, dukungan sosial dan akses dan ketersediaan tekonologi digital, sedangkan lima faktor penghambat peran orang tua yaitu kesibukan dan keterbatasan waktu, keterbatasan kesadaran dan penerapan peran, digital awarness, stress dan support. Lima faktor pendukung orang tua ditinjau dari orienty conformity dan orienty conversation mengarahkan ke pola komunikasi yang konsensual dan pluralistik sedangkan lima faktor pendukung lebih mengarah pada pola komunikasi yang protektif dan laissez faire dan tren peran orang tua berubah dari 2018-2025 yang awalnya orang tua fokus membimbing, kemudian bergeser pada pembentukan karakter pada anak yang humanis dan memiliki tanggung jawab sosial./*****Society 5.0 becomes a new order concept for society where unlimited access to information can blur the boundaries between the virtual and real worlds. Parents need to provide structure and guidance that help children understand digital ethics, online time management, and the consequences of their actions in the virtual realm (Lim, 2005). As primary educators, parents are tasked with instilling values, shaping character, and supporting the learning of relevant skills for their children. This research aims to investigate in-depth the trends and factors influencing the role of parents in realizing the Society 5.0 generation. The research method used is the SLR (Systematic Literature Review) method. Data collection is obtained by documenting articles related to similar research. The articles obtained and used in this research are 30 international journal articles that can be accessed from the Scopus, ERIC, Google Scholar, and DOAJ databases. This data was analyzed using the Nvivo 12, Supa.id, and Elicit application, and the data analysis procedure used a PRISMA diagram. The results of this research indicate that there are five supporting factors for parents, namely the level of parental education, role awareness, digital literacy, social support, and access and availability of digital technology. Meanwhile, the five inhibiting factors for parental roles are busyness and time constraints, limited awareness and implementation of roles, digital awareness, stress, and support. Five supporting factors of parents viewed from conformity orientation and conversation orientation lead to a consensual and pluralistic communication pattern, while five supporting factors lean towards a protective and laissez-faire communication pattern. The trend of parental roles has changed from 2018 to 2025, initially focusing on guiding the use of technology, then shifting to character formation in children who are humanistic and have social responsibility.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1.Dr. Sri Wulan, M.Si 2.Prof. Dr. Sofia Hartati, M.Si
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: SITI NURHABIBAH .
Date Deposited: 25 Aug 2025 03:09
Last Modified: 25 Aug 2025 03:09
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/61955

Actions (login required)

View Item View Item