PENGARUH PENGGUNAAN NEARPOD TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII (Penelitian Eksperimen Di SMP Muhammadiyah 31 Jakarta)

RISQA PUTRA ATHORIQ, . (2025) PENGARUH PENGGUNAAN NEARPOD TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII (Penelitian Eksperimen Di SMP Muhammadiyah 31 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (381kB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (596kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (661kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Risqa Putra Athoriq 1205621036. “Pengaruh Penggunaan Nearpod Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas 8 (Penelitian Eksperimen di SMP Muhammadiyah 31 Jakarta).” Skripsi. Jakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Sekolah Tinggi Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta 2025. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Nearpod Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas 8 SMP Muhammadiyah 31 Jakarta. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan jenis Quasi Eksperimen dengan desain pre test post tes Control Group. Populasi penelitian adalah 59 siswa dari kelas 8 SMP Muhammadiyah 31 Jakarta, dengan Siswa dari kelas 8 Science sebanyak 29 siswa adalah kelas kontrol dan kelas 8 Digital sebanyak 30 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sample dilakukan dengan menggunakan Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan adalah penilaian awal dan akhir dengan memberikan 30 pertanyaan di sebelum dan sesudah pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan uji hipotesis yang digunakan adalah uji t dengan tingkat signifikansi 0,05. Sebelum dilakukan uji hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji analisis data yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji lilieforse dengan nilai 0,200 untuk kelas eksperimen dan 0,140 untuk kelas kontrol yang lebih besar dari taraf signifikansi 0,05. Uji homogenitas menggunakan uji F dengan nilai signifikansi 0,594 > 0,05. Dan uji Hipotesis menggunakan uji t pada taraf signifikansi 0,05 diperoleh t hitung -4,05 > t tabel 2,002. Sehingga diketahui t uji lebih besar dari t tabel yang berarti hipotesis penelitian diterima. Dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan media pembelajaran nearpod terhadap hasil belajar bahasa Arab siswa dan terdapat perbedaan hasil belajar bahasa Arab siswa dengan menggunakan nearpod selisih rata-rata lebih tinggi dibandingkan siswa yang diajarkan melalui metode tanya jawab dan menggunakan media Google Form. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Nearpod, Hasil Belajar ***** Risqa Putra Athoriq 1205621036. “The Effect of Using Nearpod on Arabic Learning Outcomes of Grade 8 Students (Experimental Research at SMP Muhammadiyah 31 Jakarta).” Skripsi. Jakarta: Department of Arabic Language Education, Faculty of Language and Arts, State University of Jakarta 2025. This research aims to determine the effect of using Nearpod on Arabic learning outcomes of 8th grade students of SMP Muhammadiyah 31 Jakarta. This research is an experimental research with the type of Quasi Experiment with pre test post test Control Group design. The study population was 59 students from grade 8 of SMP Muhammadiyah 31 Jakarta, with 29 students from grade 8 Science as the control class and 30 students from grade 8 Digital as the experimental class. The sampling technique was carried out using Purposive Sampling. The instrument used was the initial and final assessment by giving 30 questions before and after learning. The data analysis technique used is descriptive statistics and the hypothesis test used is the t test with a significance level of 0.05. Before the hypothesis test is carried out, first the data analysis test is carried out, namely the normality test using the Lilieforse test with a value of 0.200 for the experimental class and 0.140 for the control class which is greater than the significance level of 0.05. The homogeneity test uses the F test with a significance value of 0.594> 0.05. This is evidenced by the test results using the t test at the 0.05 significance level obtained t count -4.05> t table 2.002. So it is known that the t test is greater than the t table, which means that the research hypothesis is accepted. Thus, there is a significant effect of nearpod learning media on students' Arabic learning outcomes and there is a difference in students' Arabic learning outcomes using nearpod with a higher average difference than students taught through the question and answer method and using google form. Keywords: Learning Media, Nearpod, Learning Outcomes

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Fatwa Arifah, M.A.Pd. 2). Dr. Raden Ahmad Barnabas, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Risqa Putra Athoriq .
Date Deposited: 25 Aug 2025 01:13
Last Modified: 25 Aug 2025 01:13
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/61971

Actions (login required)

View Item View Item