PENGARUH PELAKSANAAN MAGANG TERHADAP KESIAPAN KERJA MAHASISWA MANAJEMEN PENDIDIKAN (STUDI KASUS PADA MAHASISWA MANAJEMEN PENDIDIKAN ANGKATAN 2018/2019 UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA)

REGITA DWI CAHYANI, . (2025) PENGARUH PELAKSANAAN MAGANG TERHADAP KESIAPAN KERJA MAHASISWA MANAJEMEN PENDIDIKAN (STUDI KASUS PADA MAHASISWA MANAJEMEN PENDIDIKAN ANGKATAN 2018/2019 UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (571kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (741kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (641kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (759kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (402kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan magang terhadap kesiapan kerja mahasiswa Program Studi Manajemen Pendidikan Angkatan 2018/2019 Universitas Negeri Jakarta. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis regresi linier sederhana. Data dikumpulkan melalui kuesioner dari 112 responden. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa pelaksanaan magang berpengaruh signifikan terhadap kesiapan kerja mahasiswa, ditunjukkan oleh nilai thitung sebesar 12,559 > ttabel sebesar 1,981 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Persamaan regresi yang diperoleh adalah Ŷ = 52,643 + 0,710X dengan nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,589, yang berarti pelaksanaan magang memberikan kontribusi sebesar 58,9% terhadap kesiapan kerja. Dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan magang telah berjalan cukup baik dan berkontribusi positif terhadap kesiapan mahasiswa menghadapi dunia kerja, meskipun aspek kepercayaan diri mahasiswa dalam menyampaikan argumen di ruang publik masih perlu ditingkatkan. ***** This study aims to examine the effect of internship implementation on the work readiness of students in the 2018/2019 batch of the Educational Management Study Program at the State University of Jakarta. The research employed a quantitative approach using simple linear regression analysis. Data were collected through questionnaires from 112 respondents. Hypothesis testing results show that internship implementation significantly affects students’ work readiness, indicated by a tvalue of 12.559 > ttable of 1.981 and a significance value of 0.000 < 0.05. The resulting regression equation is Ŷ = 52.643 + 0.710X, with a determination coefficient (R²) of 0.589, meaning internships contribute 58.9% to students’ work readiness. The study concludes that the internship program has been implemented quite well and positively impacts students' readiness for the workforce, although improvements are still needed in students’ confidence in expressing their opinions in public settings.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Unifah Rosyidi M.Pd; 2). Prof. Dr. Supadi, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Regita Dwi Cahyani .
Date Deposited: 26 Aug 2025 06:03
Last Modified: 26 Aug 2025 06:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/62072

Actions (login required)

View Item View Item