PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PARTISIPASI ANGGOTA TERHADAP PEROLEHAN SISA HASIL USAHA ANGGOTA DI KOPERASI PEGAWAI POS INDONESIA, JAKARTA PUSAT

FITRI OVI YANTI, . (2016) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PARTISIPASI ANGGOTA TERHADAP PEROLEHAN SISA HASIL USAHA ANGGOTA DI KOPERASI PEGAWAI POS INDONESIA, JAKARTA PUSAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
FITRI OVI YANTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara kualitas pelayanan dan partisipasi anggota terhadap perolehan sisa hasil usaha anggota di Koperasi Pegawai Pos Indonesia (Kopposindo), Jakarta Pusat. Penelitian ini dilakukan selama empat bulan bulan terhitung mulai bulan Februari sampai dengan Mei 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah 2467 anggota di Koperasi Pegawai Pos Indonesia (Kopposindo) Jakarta Pusat. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 96 anggota dari populasi dengan menggunakan pengambilan sampel menurut Slovin. Data variabel X1 (Kualitas Pelayanan) dan data variabel X2 (Partisipasi Anggota) instrumen yang digunakan adalah kuisioner dengan menggunakan model skala likert. Sedangkan data variabel Y (Sisa Hasil Usaha Anggota) merupakan data sekunder yang diperoleh dari data sisa hasil usaha anggota yang diterima pada tahun buku 2015. Sebelum digunakan, dilakukan uji coba validitas konstruk (construct validity) melalui proses validasi yaitu perhitungan koefisien korelasi skor butir dengan skor total dan uji reliabilitas dengan rumus Alpha Cronbach. Hasil reliabilitas variabel X1 sebesar 0,912 dan X2 sebesar 0,838 membuktikan bahwa instrumen tersebut reliable. Teknik analisis data menggunakan program SPSS versi 22.0 dimulai dengan mencari uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas menggunakan metode Komolgrov Smirnov Z dan di dapat nilai X1 sebesar 0,200, X2 sebesar 0,077, dan Y sebesar 0,200 yang semuanya lebih besar dari signifikansi 0,05 maka data berdistribusi normal. Dari hasil penghitungan diperoleh persamaan analisis jalur Y= 0,338X1 + 0,352X2 + 0,686 dan X2 = 0,320 X1 + 0,897. Adapun nilai Rsquare sebesar 0,314 yang artinya bahwa variabel sisa hasil usaha anggota dapat dijelaskan oleh variabel kualitas pelayanan dan partisipasi anggota sebesar 31,4% dan sisanya sebesar 68,6 dipengaruhi dan dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti. Uji t menghasilkan thitung X1 3,728 > ttabel 1,661, karena thitung > ttabel, maka pengaruh positif antara kualitas pelayanan terhadap SHU anggota. Kemudian thitung X2 3,879 > ttabel 1,661, maka pengaruh positif antara partisipasi anggota terhadap SHU anggota. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan dan partisipasi anggota berpengaruh terhadap sisa hasil usaha anggota baik secara langsung maupun tidak langsung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Endang Sri Rahayu, M.Pd ; 2). Ari Saptono, SE, M.Pd
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 08 Apr 2020 11:53
Last Modified: 08 Apr 2020 11:53
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/6224

Actions (login required)

View Item View Item