VANIA STEFANI JELITA, . (2025) PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP APRESIASI SISWA TERKAIT LAGU ANAK PADA KELAS 2 SD KELURAHAN CIPINANG MELAYU. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (290kB) |
![]() |
Text
BAB II Kerangka Teori.pdf Restricted to Registered users only Download (541kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III Metodologi Penelitian.pdf Restricted to Registered users only Download (567kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Registered users only Download (438kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V Kesimpulan, Implikasi, dan Saran.pdf Restricted to Registered users only Download (177kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (220kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN DAN BIOGRAFI PENULIS.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh dari penggunaan media audio visual terhadap apresiasi siswa terkait lagu anak pada kelas 2 SDN Cipinanbg Melayu 04 Pagi Jakarta Timur. Sampel pada penelitian ini adalah 60 peserta didik kelas 2 di SDN Cipinang Melayu 04 Pagi. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling yaitu dengan metode mengambil secara acak. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan desain penelitian post-test only control group design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen kuesioner yang diuji denan uji normalitas Shapiro-Wilk dan homogenitas dengan uji Fisher sebagai uji persyaratan data. Hipotesis pada penelitian ini diuji dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan hasil t hitung (5,36) > t tabel (2,0003) sehingga H_0 ditolak dan H_1diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan media audio visual terhadap apresiasi siswa terkait lagu anak pada kelas 2 SDN Cipinang Melayu 04 Pagi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual dapat dijadikan solusi untuk meningkatkan apresiasi siswa terkait lagu anak. Dengan demikian, guru perlu memilih media pembelajaran yang tepat untuk dapat meningkatkan apresiasi siswa tentang lagu anak. ***** This study aims to determine whether audio-visual media influences students' appreciation of children's songs in grade 2 at SDN Cipinang Melayu 04 Pagi, East Jakarta. The sample for this study consisted of 60 students from grade 2 at SDN Cipinang Melayu 04 Pagi. Sampling utilized a simple random sampling technique, which involved randomly selecting samples. The research method was experimental, using a post-test only control group design. Data was collected using a questionnaire instrument, which was tested for normality with the Shapiro-Wilk test and for homogeneity with the Fisher test as prerequisites for data analysis. The hypothesis was tested using a t-test at a significance level of α = 0.05, with the results showing t count (5.36) > t table (2.0003), leading to the rejection of H_0 and acceptance of H_1. Therefore, it can be concluded that the application of audiovisual media affects students' appreciation of children's songs in grade 2 at SDN Cipinang Melayu 04 Pagi. The study results indicate that audiovisual media can enhance students' appreciation of children's songs. Thus, teachers should select appropriate learning media to increase students' appreciation of children's songs. of children's songs.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Waluyo Hadi, M.Pd ; 2). Dr. Nidya Chandra Muji Utami, S.Pd, M.Si |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Vania Stefani Jelita . |
Date Deposited: | 01 Sep 2025 01:06 |
Last Modified: | 01 Sep 2025 01:06 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/62260 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |