MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR TARI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TIPE THINK PAIR SHARE PADA SISWA KELAS XI-D DI SMAN 11 JAKARTA

DEA PUTRI CAHYANI, . (2025) MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR TARI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TIPE THINK PAIR SHARE PADA SISWA KELAS XI-D DI SMAN 11 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (835kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (85kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (383kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan konsentrasi belajar tari siswa dalam pembelajaran tari menggunakan penerapan model pembelajaran tipe think pair share (TPS). Salah satu penyebab kurangnya konsentrasi belajar siswa adalah kurangnya fokus perhatian yang dimiliki siswa didalam kelas sehingga menyebabkan siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik didalam pembelajaran. Subjek dari penelitian ini yaitu kelas XI-D di SMAN 11 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Model yang digunakan yaitu model penelitian John Elliot dengan tujuh tahapan tindakan berisikan (1) ide awal, (2) temuan fakta dan analisis, (3) perencanaan umum Langkah tindakan, (4) implementasi langkah tindakan, (5) monitoring implementasi, (6) penjelasan tentang kegagalan tindakan, (7) review perencanaan umum. Penelitian ini menggunakan instrumen penelitian yang divalidasi oleh ahli dengan aspek konsentrasi belajar yaitu pemusatan perhatian, motivasi, ketekunan dalam belajar, dan kesiapan belajar. Dari penelitian ini mendapatkan hasil yang menunjukkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran think pair share (TPS) dapat meningkatkan konsentrasi belajar tari siswa dengan mendukung pembelajaran yang kolaboratif serta partisipasif di kelas XI-D SMAN 11 Jakarta. ***** This research was conducted with the aim of improving students' dance learning concentration in dance learning through the application of the think pair share (TPS) learning model. One of the causes of students' lack of learning concentration is the lack of attention focus that students have in the classroom, which leads to students being unable to concentrate well during the lessons. The subjects of this study were class XI-D at SMAN 11 Jakarta. This research utilized classroom action research (CAR) methods carried out in three cycles. The model used is John Elliot's research model with seven stages of action consisting of (1) initial ideas, (2) fact findings and analysis, (3) general planning of action steps, (4) implementation of action steps, (5) monitoring implementation, (6) explanation of action failures, (7) review of general planning. This research uses a research instrument validated by experts with aspects of learning concentration, namely attention focus, motivation, persistence in studying, and readiness to learn. The results of this study show that the application of the think pair share (TPS) learning model can enhance the learning concentration of dance students by supporting collaborative and participatory learning in class XI-D of SMAN 11 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Elindra Yetti, M.Pd.; 2). Ojang Cahyadi, S.Sn., M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Kurikulum
Pendidikan > Media Pembelajaran
Kesenian > Seni Tari
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Tari
Depositing User: Dea Putri Cahyani .
Date Deposited: 02 Sep 2025 06:03
Last Modified: 02 Sep 2025 06:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/62299

Actions (login required)

View Item View Item