MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA MELALUI MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT KELAS V SDN KRAMAT PELA 09

NABILA SEPTYASARI, . (2025) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA MELALUI MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT KELAS V SDN KRAMAT PELA 09. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (171kB)
[img] Text
BAB II ACUAN TEORITIK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV HASIL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (127kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) di kelas V SDN Kramat Pela 09. Hasil observasi awal menunjukkan bahwa proses pembelajaran masih cenderung konvensional dan berpusat pada guru, sehingga siswa terlihat pasif, kurang termotivasi, serta belum menunjukkan pemahaman dan keterlibatan yang optimal. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tiga pertemuan, dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada tiga ranah hasil belajar siswa. Pada aspek afektif, persentase siswa yang menunjukkan sikap positif seperti tanggung jawab, perhatian, dan kerja sama meningkat dari 66,7% pada siklus I menjadi 88,7% pada siklus II. Pada aspek psikomotorik, keterampilan siswa dalam berdiskusi dan menyampaikan pendapat meningkat dari 77,68% menjadi 87,00%. Sedangkan pada aspek kognitif, ketuntasan belajar siswa meningkat dari 62,06% pada siklus I menjadi 86,21% pada siklus II. Data tersebut menunjukkan bahwa model TGT mampu meningkatkan keaktifan, pemahaman, dan keterampilan siswa secara menyeluruh. Dengan tercapainya indikator keberhasilan pada ketiga ranah hasil belajar di siklus II, maka penerapan model Teams Games Tournament dinyatakan berhasil dan dapat direkomendasikan sebagai strategi pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila. ****** This study aims to improve student learning outcomes in Pancasila Education subjects through the application of the Teams Games Tournament (TGT) type cooperative learning model in class V SDN Kramat Pela 09. The results of initial observations show that the learning process still tends to be conventional and teacher-centered, so students look passive, less motivated, and have not shown optimal understanding and involvement. This class action research was carried out in two cycles, each consisting of three meetings, with the stages of planning, action implementation, observation, and reflection. The results showed a significant increase in the three domains of student learning outcomes. In the affective aspect, the percentage of students who showed positive attitudes such as responsibility, attention, and cooperation increased from 66.7% in cycle I to 88.7% in cycle II. In the psychomotor aspect, students' skills in discussing and expressing opinions increased from 77.68% to 87.00%. While in the cognitive aspect, student learning completeness increased from 62.06% in cycle I to 86.21% in cycle II. With the achievement of success indicators in the three domains of learning outcomes in cycle II, the application of the Teams Games Tournament model is declared successful and can be recommended as an effective learning strategy in improving student learning outcomes in learning Pancasila Education.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Linda Zakiah, M.Pd. ; 2). Prof.Dr. Mohamad Syarif Sumantri, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Nabila Septyasari .
Date Deposited: 25 Sep 2025 04:22
Last Modified: 25 Sep 2025 04:22
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/62382

Actions (login required)

View Item View Item