KOMPETENSI MENGAJAR GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN IPS (Studi Kasus Sekolah Menengah Pertama Negeri 119 Jakarta, Kemayoran, Jakarta Pusat)

Aditya Dovio Erlangga, . (2016) KOMPETENSI MENGAJAR GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN IPS (Studi Kasus Sekolah Menengah Pertama Negeri 119 Jakarta, Kemayoran, Jakarta Pusat). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Abstract Adit.pdf

Download (7kB)
[img] Text
Daftar Riwayat Hidup.pdf

Download (181kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (524kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (573kB)
[img] Text
skripsi versi abstrak indonesia.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterkaitan kompetensi pedagogik dengan kompetensi profesional guru dalam proses pembelajaran IPS, mengetahui sikap dan perilaku guru dalam pembelajaran IPS di sekolah dan mengetahui kompetensi sosial guru terkait dengan kegiatan pembelajaran IPS Penulis menggunakan metode kualitatif agar mendapatkan sebuah data yang lebih mendalam dengan menggali kepada informan penelitian. Sumber data yang diperoleh adalah dengan menggunakan hasil wawancara, observasi, dan studi pustaka. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari informan kunci yaitu kepala SMPN 119 Jakarta, siswa-siswi SMPN 119 Jakarta dan salah satu guru yang mengajar di SMPN 119 Jakarta, sedangkan informan inti yaitu dua guru IPS SMPN 119 Jakarta. Hasil penelitian ini menyimpulkan adanya keterkaitan kompetensi pedagogik dengan kompetensi profesional guru IPS walaupun guru IPS mengalami hambatan dalam penyampaian dan penguasaan materi di kelas sehingga guru memiliki inisiatif dengan mempelajari materi dan menyesuaikannya dengan media pembelajaran ( powerpoint ) yang akan dipresentasikan dan menambah referensi dari berbagai sumber serta guru IPS juga menggunakan pembelajaran dua arah yakni adanya keterkaitan interaksi dan komunikasi antara guru dengan siswa agar terjalin pembelajaran yang aktif.. Guru IPS menerapkan sikap dan perilaku disiplin, tanggung jawab, toleransi, gotong-royong juga secara langsung diajarkan guru melalui interaksi langsung dan tindakan nyata dilingkungan sekolah. Kompetensi sosial guru IPS dalam hal interaksi dan komunikasi yang dilakukan guru IPS berlangsung baik dengan sesama guru, siswa-siswi dan komite sekolah

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Eko Siswono, M.Si.. ; 2). Drs. Muhammad Muhctar,M.Si.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 25 Oct 2019 12:20
Last Modified: 25 Oct 2019 12:20
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/624

Actions (login required)

View Item View Item