HUBUNGAN STATUS SOSIAL EKONOMI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMK HANG TUAH I JAKARTA

Frenki, . (2016) HUBUNGAN STATUS SOSIAL EKONOMI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMK HANG TUAH I JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI FRENKI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan status sosial ekonomi dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa SMK Hang Tuah I Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan terhitung mulai bulan Maret sampai Mei 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa SMK Hang Tuah I Jakarta yang berjumlah 840 siswa. Populasi terjangkaunya adalah siswa kelas X Administrasi Perkantoran sebanyak 81 siswa. Sampel yang digunakan sebanyak 65 siswa dari populasi terjangkau dengan menggunakan teknik acak sederhana. Data variabel X1 menggunakan replika, X2 menggunakan angket dengan skala likert dan Y diperoleh dari data sekunder diambil dari nilai rapot semester genap. Uji persyaratan analisis yang dilakukan adalah dengan menggunakan uji normalitas, Uji Linieritas, Uji Heterokedastisitas, dan Uji Multikolenieritas. Semua uji persyaratan analisis memenuhi syarat untuk dilakukan uji hipotesis. Hasil uji hipotesis diperoleh hasil dengan menggunakan regresi berganda diperoleh persamaan regresi linier yang didapat adalah Ŷ = 44,837 + 0,209X1 + 0,125X2. Sedangkan dengan uji t diperoleh hasil nilai thitung>ttabel yaitu 6,044 >1,99. Signifikansi pada variabel status sosial ekonomi sebesar 0,000 dan lebih kecil dari 0,05. Sehingga kesimpulan yang diambil adalah Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian status sosial ekonomi berpengaruh positif terhadap prestasi belajar. Nilai thitung variabel Motivasi belajar kemudian dibandingkan dengan nilai ttabel. Dengan demikian thitung>ttabel yaitu 5.654 >1,99. Signifikansi pada variabel motivasi belajar sebesar 0,000 dan lebih kecil dari 0,05. Sehingga kesimpulan yang diambil adalah Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian motivasi belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar. Berdasarkan perhitungan, didapat Ftabel sebesar 3,15, dengan demikian Fhitung> Ftabel. Signifikansi pada uji F sebesar 0,000; dengan demikian lebih kecil dari 0,05. Kesimpulan yang dapat diambil adalah Ho ditolak atau variabel independen status sosial ekonomi dan motivasi belajar berpengaruh terhadap variabel dependen prestasi belajar. Hasil perhitungan nilai Adjusted R2 sebesar 0,581 atau (58,10%). Hal ini menunjukkan bahwa 58,10% prestasi belajar dijelaskan oleh faktor status sosial ekonomi dan motivasi belajar sedangkan sisanya sebesar 41,90% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain. Kesimpulan penelitian ini adalah: 1) Status sosial ekonomi memiliki pengaruh yang positif terhadap prestasi belajar siswa SMK Hang Tuah I Jakarta, 2) Motivasi Belajar memiliki pengaruh yang positif terhadap prestasi belajar siswa SMK Hang Tuah I Jakarta, dan 3) Status sosial ekonomi dan motivasi belajar memiliki pengaruh yang positif terhadap prestasi belajar siswa SMK Hang Tuah I Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Dedi Purwana ES, M. Bus ; 2). Dewi Nurmalasari, MM,
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 08 Apr 2020 14:21
Last Modified: 08 Apr 2020 14:21
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/6240

Actions (login required)

View Item View Item