KHALIDA ZIA, . (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL STORYTELLING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KOMPUTASI PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN EKOLOGI. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
FILE COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
FILE BAB 1 (BAB 1 PENDAHULUAN).pdf Download (212kB) |
![]() |
Text
FILE BAB 2 (BAB 2 LANDASAN TEORI).pdf Restricted to Registered users only Download (294kB) | Request a copy |
![]() |
Text
FILE BAB 3 (BAB 3 METODOLOGI).pdf Restricted to Registered users only Download (583kB) | Request a copy |
![]() |
Text
FILE BAB 4 (BAB 4 HASIL dan PEMBAHASAN).pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
FILE BAB 5 (BAB 5 KESIMPULAN dan SARAN).pdf Restricted to Registered users only Download (66kB) | Request a copy |
![]() |
Text
FILE DAFTAR PUSTAKA (DAFTAR PUSTAKA).pdf Download (564kB) |
![]() |
Text
FILE LAMPIRAN (LAMPIRAN dan DAFTAR RIWAYAT HIDUP).pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran ekologi memiliki tantangan kompleks karena bersifat interdisipliner, sehingga siswa perlu menguasai kemampuan berpikir kritis dan komputasi. Namun, kemampuan ini tidak muncul secara alami dan harus dikembangkan melalui strategi pembelajaran yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran digital storytelling yang valid, layak, dan praktis digunakan serta mengetahui efektivitas dan pengaruhnya dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan komputasi peserta didik pada pembelajaran ekologi. Penelitian dilakukan di MTs Negeri 1 Kota Bekasi dengan desain kuasi-eksperimen menggunakan model pre-test–post-test dengan kelompok kontrol. Sebanyak 120 siswa kelas VII dibagi menjadi dua kelompok: kelompok kontrol menggunakan PowerPoint interaktif, sedangkan kelompok eksperimen menggunakan media digital storytelling. Keduanya menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Instrumen pengukur kemampuan berpikir kritis dan komputasi telah dikembangkan dan divalidasi sebelum digunakan. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan MANOVA (Multivariate Analysis of Variance). Hasilnya menunjukkan peningkatan signifikan pada kedua kemampuan di semua kelompok dengan kelompok eksperimen menunjukkan performa akhir yang lebih tinggi dan konsisten. Evaluasi dan dekomposisi menjadi indikator terkuat untuk berpikir kritis dan komputasi. Analisis MANOVA menunjukkan pengaruh multivariat yang signifikan dari media digital storytelling terhadap keterampilan yang diteliti (p = 0,026). Kesimpulannya, digital storytelling merupakan media pembelajaran yang valid, layak, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam pembelajaran ekologi, serta relevan untuk diterapkan dalam pembelajaran abad ke-21. ***** Ecology learning presents complex challenges due to its interdisciplinary nature, requiring students to develop both critical and computational thinking skills. However, these higher-order cognitive skills do not naturally emerge and must be fostered through intentional pedagogical strategies. This study addresses the problem of the limited availability of effective learning media that can simultaneously enhance these skills in the context of ecology learning. The research aimed to develop and evaluate a digital storytelling-based learning medium designed to improve students' critical and computational thinking skills in ecology learning. Conducted at MTs Negeri 1 Kota Bekasi, the study employed a quasi-experimental design with a pre-test–post-test control group setup. A total of 120 seventh-grade students were divided into two groups: the control group received instruction through interactive PowerPoint, while the experimental group used the digital storytelling medium. Both groups were taught using a guided inquiry model. Instruments measuring critical and computational thinking skills were developed and validated prior to implementation. Data were analyzed using descriptive statistics and Multivariate Analysis of Variance (MANOVA). The results showed significant improvements in both thinking skills across groups, with the experimental group demonstrating greater consistency and higher final performance. Evaluation and decomposition emerged as the strongest indicators of critical and computational thinking skills, respectively. MANOVA results confirmed a statistically significant multivariate effect (p = 0.026) of the digital storytelling medium on the targeted skills. The study concludes that digital storytelling is a valid, feasible, and effective educational tool for enhancing higher-order thinking in ecology learning and supports its integration into 21st century instructional practices.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Diana Vivanti Sigit, M.Si. 2). Dr. Hanum Isfaeni, M.Si. |
Subjects: | Sains > Ilmu Bumi > Biologi |
Divisions: | FMIPA > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Khalida Zia . |
Date Deposited: | 15 Sep 2025 07:14 |
Last Modified: | 15 Sep 2025 07:14 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/62459 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |