DIAN NOVITA SARI, . (2025) INFUSING ENVIRONMENTAL AWARENESS INDICATORS AND PROBLEM-SOLVING SKILLS IN DESIGNING ENGLISH READING LEARNING MATERIALS FOR ENGLISH LANGUAGE EDUCATION STUDY PROGRAM (ELESP). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
|
Text
COVER.pdf Download (4MB) |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (332kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (410kB) | Request a copy |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (294kB) | Request a copy |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (221kB) | Request a copy |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (313kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN & DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Dian Novita Sari. (2025). Menanamkan Indikator Kesadaran Lingkungan dan Keterampilan Pemecahan Masalah Dalam Perancangan Materi Pembelajaran Membaca Bahasa Inggris Untuk Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (ELESP). Tesis, Jakarta: Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Materi pembelajaran membaca Bahasa Inggris yang ditanamkan dengan indicator kesadaran lingkungan dan keterampilan pemecahan masalah dapat menjadi salah satu cara yang berpotensi untuk meningkatkan literasi membaca dan minat membaca siswa sekaligus mempelajari indicator kesadaran lingkungan dan keterampilan pemecahan masalah untuk membekali siswa dengan keterampilan hidup dan karir di masa depan dalam sekala global. Oleh karena itu, penelitian ini berfokus pada perancangan materi pembelajaran membaca Bahasa Inggris yang ditanamkan dengan indikator kesadaran lingkungan dan keterampilan pemecahan masalah untuk program studi pendidikan bahasa Inggris (ELESP). Penelitian ini menggunakan Penelitian Desain dan Pengembangan (DDR). Langkah-langkah DDR dimodifikasi menjadi empat langkah, meliputi analisis kebutuhan, perancangan, evaluasi, dan revisi. Sumber data adalah dosen bahasa Inggris, modul perkuliahan, buku ajar, dan sumber bahan ajar membaca bahasa Inggris lainnya yang digunakan dosen dalam proses belajar mengajar. Data yang digunakan adalah instruksi pada setiap kegiatan, hasil wawancara, dan indikator-indikator yang relevan dari kekeasaran lingkungan dan keterampilan pemecahan masalah. Penelitian ini mencapai hasil sebagai berikut: Bahan ajar membaca bahasa Inggris yang ada dalam program Pendidikan Bahasa Inggris belum cukup menekankan kesadaran pada lingkungan dan keterampilan pemecahan masalah. Prosedur perancangan produk dalam penelitian ini meliputi meringkas fakta dan informasi yang diperoleh dari analisis kebutuhan, meninjau teori dan deskriptor yang relevan untuk merancang prototipe produk, mengembangkan produk yang akan disajikan sebagai materi pembelajaran membaca bahasa Inggris, mengevaluasi penilaian produk melalui validasi pakar, dan merevisi produk berdasarkan masukan dari validasi pakar. Hasilnya, prototipe produk berupa materi pembelajaran membaca bahasa Inggris yang berisi 4 unit materi tentang kesadaran lingkungan dan penanaman keterampilan pemecahan masalah telah dikembangkan. Prototipe produk ini dinilai "baik" dan valid oleh para ahli pedagogi. Selain itu, hasil keterbacaan produk berada dalam kategori sesuai dan tepat untuk digunakan oleh mahasiswa di tingkat universitas. Sebagai rekomendasi untuk penelitian selanjutnya, penelitian ini dapat diperluas dengan menggunakan sampel mahasiswa yang lebih beragam dalam prototipe. Kata kunci: kesadaran lingkungan, pemecahan masalah, materi ajar membaca Baasa Inggri Program Pendidikan Bahasa Inggris (ELESP) ***** ABSTRACT English reading learning materials infused with indicators of environmental awareness and problem-solving skills can be a potential way to increase students' reading literacy and their enthusiasm for reading a text while also teaching these skills to prepare them for future life and employment on a global basis. Therefore, this study focuses on designing English reading learning materials infused with indicators of environmental awareness and problem-solving skills for the English Language Education Study Program (ELESP). This study employed Design and Development Research (DDR). The steps of DDR were modified into four steps, including need analysis, design, evaluation, and revision. The data sources were English lecturers, course modules, course books, and other sources of English reading learning materials that were used by the lecturer in the teaching and learning process. The data were the instructions in each activity, interview results, and the relevant indicators of environmental awareness and problem-solving skills. The study reached results as follows: The existing English reading learning materials in the English language Education study program have not adequately emphasized environmental awareness and problem-solving skills. This research's product design procedure included summarizing facts and information obtained from the needs analysis, reviewing relevant theories and descriptors to design a product prototype, developing the product to be presented as English reading learning materials, evaluating product assessment through expert validation, and revising the product based on input from expert validation. As a result, the prototype product in the form of English reading learning material that contains 4 units on environmental awareness and the infusion of problem-solving skills has been developed. The product prototype was assessed as "good" and valid by pedagogical experts. In addition, the readability results of the product are in the category of suitable and appropriate for use by students at the university level. As a recommendation for future study, this research can be expanded by using a more diverse student sample in the prototype. Key words: Environmental awareness indicators, problem-solving skills, English reading learning materials, ELESP.
| Item Type: | Thesis (Magister) |
|---|---|
| Additional Information: | 1). Dr. Siti Drivoka Sulistyaningrum, M.Pd. ; 2). Prof.Dr. Muchlas Suseno, M.Pd. |
| Subjects: | Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris |
| Divisions: | FBS > S2 Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | Users 31642 not found. |
| Date Deposited: | 22 Sep 2025 01:10 |
| Last Modified: | 22 Sep 2025 01:10 |
| URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/62520 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
