PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN NOTASI MUSIK MENGGUNAKAN GAMIFIKASI UNTUK MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN MUSIK

DAVID JOHN KEVIN, . (2025) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN NOTASI MUSIK MENGGUNAKAN GAMIFIKASI UNTUK MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN MUSIK. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (820kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (827kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pengembangan pembelajaran merupakan proses sistematis untuk merancang, menyusun, mengimplementasikan, dan mengevaluasi strategi serta media agar tujuan instruksional tercapai secara efektif. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran notasi musik berbasis gamifikasi yang diintegrasikan ke dalam mata kuliah notasi musik bagi mahasiswa jurusan Pendidikan Musik. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya minat serta kesulitan mahasiswa dalam memahami notasi musik, khususnya pada materi tangga nada, akibat penggunaan metode konvensional dan media yang kurang interaktif. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan mengacu pada model pengembangan Dick & Carey yang mencakup analisis kebutuhan, perumusan tujuan pembelajaran, pengembangan strategi, penyusunan bahan ajar, validasi ahli, hingga uji coba lapangan. Produk yang dihasilkan berupa media digital interaktif NadaQuest, yang dirancang dengan elemen gamifikasi berupa leveling dan scoring. Hasil uji kelayakan melalui expert judgement menunjukkan bahwa media ini dinilai layak digunakan sebagai sarana pembelajaran materi notasi musik. Selanjutnya, hasil field trial yang melibatkan mahasiswa juga menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar, dimana mahasiswa lebih antusias dan lebih mudah memahami materi setelah menggunakan media gamifikasi. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa media gamifikasi NadaQuest memiliki potensi untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran, sekaligus memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik dan interaktif bagi mahasiswa jurusan Pendidikan Musik ***** Instructional development is a systematic process of designing, organizing, implementing, and evaluating strategies and media to ensure that learning objectives are achieved effectively. This study aims to develop a gamification-based instructional medium for teaching music notation, integrated into the music notation course for students of the Music Education Department. The background of this research lies in the low interest and difficulties faced by students in understanding music notation, particularly in the topic of scales, due to the use of conventional teaching methods and less engaging media. The research employed a Research and Development (R&D) approach, referring to the Dick & Carey instructional design model, which includes needs analysis, formulation of learning objectives, development of instructional strategies, preparation of learning materials, expert validation, and field trials. The product developed is an interactive digital medium called NadaQuest, designed with gamification elements such as leveling and scoring. The results of expert judgment indicated that the medium is suitable for use in teaching music notation. Furthermore, field trials involving students demonstrated an improvement in learning outcomes, with students showing greater enthusiasm and a better understanding of the material after using the gamified medium. Based on these findings, it can be concluded that NadaQuest has the potential to enhance the effectiveness of instruction while providing a more engaging and interactive learning experience for music education students.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Robinson Situmorang, M.Pd. ; 2). Prof. Dr. Tuti Iriani, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Tinggi, Universitas
Pendidikan > Media Pembelajaran
Seni Musik > Musik
Kesenian > Seni (umum)
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: FIP > S2 Teknologi Pendidikan
Depositing User: David John David John Kevin .
Date Deposited: 22 Sep 2025 01:50
Last Modified: 22 Sep 2025 01:50
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/62521

Actions (login required)

View Item View Item