INTERFERENSI BAHASA KOREA TERHADAP BAHASA INDONESIA PADA PEMELAJAR BIPA TINGKAT MADYA CONTINUING EDUCATION DEPARTMENT UNIVERSITAS MULTIMEDIA NUSANTARA

PRIYO UTOMO, . (2025) INTERFERENSI BAHASA KOREA TERHADAP BAHASA INDONESIA PADA PEMELAJAR BIPA TINGKAT MADYA CONTINUING EDUCATION DEPARTMENT UNIVERSITAS MULTIMEDIA NUSANTARA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (460kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (81kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (38kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Dengan maraknya globalisasi belakangan ini, budaya Indonesia juga memiliki peluang untuk berkembang, tidak boleh terus terbawa oleh ombak globalisasi. Salah satu dari sekian banyak penentu dari akan maju seberapa jauh sebuah budaya adalah seberapa terkenal bahasa dari sebuah negara tersebut. BIPA adalah salah satu yang dapat menjembatani seseorang dari dunia internasional untuk mengenal sedikit lebih banyak tentang Indonesia. Jika seseorang mungkin akan dibatasi oleh media karena bahasa, keahlian bahasa akan membantu seseorang untuk mencerna sebuah hasil media atau apa saja yang menggunakan bahasa asli dari sebuah negara. BIPA sebagai sebuah program yang dapat membantu orang di luar sana untuk mengerti lebih mendalam tentang budaya Indonesia melewati bahasanya. Tidak hanya persoalan budaya, banyak hal yang dapat melatarbelakangi seseorang untuk belajar bahasa yang baru bagi mereka. Bisa saja mereka merupakan pelajar, wisatawan, pekerja, dan banyak alasan di belakangnya. Dan bersamaan dengan seseorang belajar bahasa yang baru, ada hal yang akan mengiringinya, yakni interferensi. Interferensi dapat terjadi karena banyak faktor, bisa saja karena pemahaman berbahasa yang kurang, budaya bahasa yang berbeda bahkan kadang terbalik jika dibandingkan dengan bahasa ibu dari penutur atau pemelajarnya. Interferensi bahasa Korea terhadap bahasa Indonesia yang terjadi bisa saja mencakup beberapa macam, di antaranya adalah interferensi fonologis, leksikal, morfologis, serta sintaksis. Hasil penelitian menemukan dalam tulisan pemelajar, setidaknya ada 218 kali interferensi yang terjadi, di antaranya fonologis sebanyak 26 kali, leksikal 78 kali, morfologis 27 kali, dan sintaksis sebanyak 87 kali. Berdasarkan analisis beragam hal dapat menjadi penyebab terjadinya interferensi-interferensi yang dialami atau dilakukan oleh pemelajar BIPA. ***** With the recent rise of globalization, Indonesian culture also has the opportunity to develop, and should not continue to be carried away by the waves of globalization. One of the many determinants of how far a culture will advance is how well-known the language of that country is. BIPA is one of the things that can bridge the gap between someone from the international world and Indonesia, allowing them to learn a little more about the country. If someone is limited by the media because of language, language skills will help them to digest media content or anything else that uses the native language of a country. BIPA is a program that can help people outside Indonesia to understand Indonesian culture more deeply through its language. It's not just a matter of culture; there are many reasons why someone might want to learn a new language. They could be students, tourists, workers, or have many other reasons behind it. And when someone learns a new language, there is something that accompanies it, namely interference. Interference can occur due to many factors, such as poor language comprehension, different language cultures, and sometimes even the opposite of the native language of the speaker or learner. Korean language interference with Indonesian can take several forms, including phonological, lexical, morphological, and syntactic interference. The results of the study found that in the learners' writing, there were at least 218 instances of interference, including 26 instances of phonological interference, 78 instances of lexical interference, 27 instances of morphological interference, and 87 instances of syntactic interference. Based on the analysis, various factors can cause the interference experienced or committed by BIPA learners.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Sigit Widiatmoko, S.S., M.Hum. ; 2). Dr. Asep Supriyana, S.S., M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FBS > S1 Sastra Indonesia
Depositing User: Priyo Utomo .
Date Deposited: 23 Oct 2025 02:46
Last Modified: 23 Oct 2025 02:46
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/62541

Actions (login required)

View Item View Item