PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN BERCERITA MENGGUNAKAN KOMIK ELEKTRONIK TEMATIK (PENELITIAN TINDAKAN KELOMPOK B DI TK SETIA BUDHI RANGKASBITUNG)

SUCI APRILYATI RUIYAT, . (2020) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN BERCERITA MENGGUNAKAN KOMIK ELEKTRONIK TEMATIK (PENELITIAN TINDAKAN KELOMPOK B DI TK SETIA BUDHI RANGKASBITUNG). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (967kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara dengan bercerita menggunakan komik elektronik tematik di kelompok B TK Setia Budhi Rangkasbitung Kecamatan Rangkasbitung Kabupaten Lebak Provinsi Banten pada Tahun Pelajaran 2018/2019 dilaksanakan dari bulan Maret sampai Juni 2019. Berdasarkan hasil observasi pemasalahan di kelompok B tahun di TK Setia Budhi masih kurang dalam berkomunikasi, baik dalam pengucapan kata/huruf, sedikitnya pembedaharaan kosakata anak, serta kurangnya kemampuan anak mengucapkan suatu kalimat dengan lancar, mengakibatkan anak belum dapat mengungkapkan gagasannya secara utuh. Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan yang mengacu pada model Penelitian Tindakan Kelas Kemmis dan Mc. Taggart. Menerapkan dua siklus dengan 10 pertemuan. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menganalisis data dari wawancara, observasi dokumentasi selama penelitian untuk reduksi data, display data dan verifikasi data. Penggunaan komik elektronik tematik membantu menjawab permasalahan keterampilan berbicara di TK Setia Budhi. Subyek penelitian sebanyak 13 anak, laki-laki lima anak dan perempuan delapan anak. Dari penelitian yang dilakukan ada peningkatan yang signifikan terhadap keterampilan berbicara anak usia 5-6 tahun . yaitu ada peningkatan dari pre-intervensi 33.4 % meningkat menjadi 60.4% dan meningkat lagi pada siklus II mencapai 80.4 % hingga dapat dinyatakan bahwa penggunaan komik elektronik tematik dapat memberikan solusi untuk meningkatkan keterampilan berbicara anak usia 5-6 tahun di TK Setia Budhi Rangkasbitung. This study aims to improve group B in speaking skills at TK Setia Budhi Rangkasbitung by storytelling using thematic electronic comics. The study was conducted in March to July 2019, based on observations of problems in group B at Setia Budhi Kindergarten, they were still lack in communication, both in pronunciation of words / letters and lack of children's ability to pronounce a sentence fluently. Those were caused by dissection of children's vocabulary and children could not express their ideas as a whole. The research method used Action Research that refers to the Kemmis and Mc Class Action Research model. Taggart. Implemented two cycles with 10 meetings. The data analysis technique used in this study was qualitative by analyzing data from interviews, observing documentation during the study for data reduction, data display and data verification. The use of thematic electronic comics helped answer the problem of speaking skills at Setia Budhi Kindergarten. The sample of this study were 13 childrens, five boys and eight girls. From the research conducted there was a significant increase in the speaking skills of children aged 5-6 years. There was an increase from pre-intervention 33.4% to 60.4% and then in second cycle reached 80.4%, it can be stated that the use of thematic electronic comics can provided solutions to improve the speaking skills of children aged 5-6 years at Setia Budhi Rangkasbitung Kindergarten. Keywords: Speaking skills; Storytelling; electronic comics

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Yufiarti, M.Psi ; 2). Dr. Karnadi, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2340 not found.
Date Deposited: 15 Apr 2020 16:43
Last Modified: 15 Apr 2020 16:43
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/6257

Actions (login required)

View Item View Item