PEMBELAJARAN OTAK, HATI, DAN TANGAN ANALISIS KONSEPSI PENDIDIKAN MOHAMMAD SJAFEI (1928-1969)

AFDHAL, . (2016) PEMBELAJARAN OTAK, HATI, DAN TANGAN ANALISIS KONSEPSI PENDIDIKAN MOHAMMAD SJAFEI (1928-1969). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img]
Preview
Image
lembar pengesahan.jpg

Download (347kB) | Preview
[img] Text
pembelajaran moh sjafei.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ide pendidikan yang pernah digagas oleh Moh. Sjafei. Ia diposisikan sebagai tokoh pendidikan kerakyatan yang mengajarkan dan mentransformasikan nilai-nilai luhur nasionalisme, pendidikan karakter, mandiri, ulet, aktif-kreatif, dan kritis. Oleh karena itu penelitian ini mendeskripsikan tentang konsepsi pemikiran pendidikan Moh. Sjafei yang kemudian diaktulisasikan melalui INS Kayutanam. Untuk menjelaskannya, penulis menggunakan jenis penelitian pustaka (library research), yaitu mengambil dan mengkaji teori-teori yang relevan dengan permasalahan yang dibahas, berupa tinjauan, sintesis atau ringkasan kepustakaan tentang penelitian ini. Sementara itu, analisis penelitian ini menggunakan pendekatan hermeneutik yang merupakan berupa penafsiran suatu kata, atau teks sehingga memiliki makna yang relevan dengan penelitian ini. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, diketahui bahwa konsepsi pendidikan Moh. Sjafei berangkat dari pemahamannya tentang hubungan masyarakat, pendidikan dan kondisi alam yang bersifat dialektis. Pengetahuan tersebut berasal dari pengalaman intelektual dan pengalaman sosial. Pendidikan baginya tidak hanya sekedar proses untuk mengisi otak saja, melainkan pendidikan menuntun siswanya untuk mengembangkan minat dan bakat sebagai bekal untuk kehidupannya kelak. Sejatinya pendidikan menjadikan manusia yang merdeka, merdeka dalam berfikir dan merdeka dalam berbuat. Pendidikan harus mampu memberikan bekal kepada siswa untuk hidup mandiri dan mencipta (produceren), sehingga berguna bagi kemajuan masyarakat sebagai upaya menumbuhkan jiwa nasionalismenya. Konsep pendidikan Moh. Sjafei berlandaskan pada pendidikan developmentalisme. Sederhananya, pendidikan developmentalisme merupakan pendidikan alam di sekolah, dengan memberikan peranan yang lebih positif dari pendidik di dalam mengawal dan melancarkan proses pengembangan yang wajar dari kemampuan-kemampuan bawaan yang tekandung dalam diri setiap individu. Orientasi pendidikan Moh. Sjafei mengarah kepada pendidikan pragmatis dan progresif dalam tatanan hidup bermasyarakat. Simpulan penelitian ini bahwa konsepsi pendidikan Moh. Sjafei yang berbasis pendidikan karakter dan pendidikan kejuruan sebagai instrumen untuk (1) Memiliki otak yang cerdas, (2) Kuat dalam pemahaman agama, (3) Mempunyai jiwa nasionalisme, (4) Mempunyai mental pekerja keras, (5) Mempunyai daya cita yang tinggi, (6) Peka terhadap lingkungan sekitar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Asep Suryana, M.Si ; 2). Rusfadia Saktiyanti Jahja M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 25 Oct 2019 12:38
Last Modified: 25 Oct 2019 12:38
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/627

Actions (login required)

View Item View Item