PENGEMBANGAN KARTU UNO DENGAN PENDEKATAN GAME BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN GRAMMAR PADA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS SISWA SMP KELAS VII

ADIEN NOVARISA, . (2025) PENGEMBANGAN KARTU UNO DENGAN PENDEKATAN GAME BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN GRAMMAR PADA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS SISWA SMP KELAS VII. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover- Tesis 2025.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 1-Tesis TP 2025.pdf

Download (358kB)
[img] Text
Bab 2-Tesis TP 2025.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 3-Tesis TP 2025.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 4-Tesis TP 2025.pdf
Restricted to Registered users only

Download (837kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 5-Tesis TP 2025.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB) | Request a copy
[img] Text
Dapus- Tesis TO 2025.pdf

Download (418kB)
[img] Text
LAMPIRAN TESIS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan POSCARD (Parts of Speech Card), yaitu permainan kartu hasil modifikasi dari UNO yang dirancang dengan pendekatan Game-Based Learning (GBL) guna mendukung pembelajaran grammar, khususnya pada materi parts of speech bagi siswa kelas VII SMP Islam At Taubah. Pengembangan dilakukan sebagai respons terhadap penurunan mutu pembelajaran yang tercermin dalam Rapor Pendidikan tahun 2023. Proses pengembangan mengikuti model ADDIE dengan pendekatan Rapid Instructional Design (RID) yang menekankan efisiensi, fleksibilitas, dan perbaikan berkelanjutan berbasis umpan balik pengguna. Tahapan yang dilalui meliputi analisis kebutuhan, perancangan, pembuatan prototipe, validasi ahli (materi, desain visual, dan strategi instruksional), uji coba terbatas (one-to-one dan small group), serta implementasi di kelas secara lebih luas. Hasil validasi menunjukkan bahwa POSCARD dinilai “sangat layak” dengan rata-rata skor di atas 90%. Uji efektivitas dengan pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman grammar siswa, dengan nilai N-Gain sebesar 0,52 (kategori sedang). Hasil ini menunjukkan bahwa POSCARD efektif digunakan dalam pembelajaran grammar secara lebih menyenangkan dan bermakna. Melalui integrasi elemen kompetisi dan kolaborasi dalam permainan, POSCARD memberikan pengalaman belajar yang sesuai dengan karakteristik perkembangan peserta didik jenjang SMP serta menawarkan pendekatan inovatif dalam penguasaan parts of speech.Kata kunci: Game-Based Learning, POSCARD, grammar, parts of speech, ADDIE-RID, desain pembelajaran*****ABSTRACT This study aims to develop POSCARD (Parts of Speech Card), a modified version of the UNO card game designed with a Game-Based Learning (GBL) approach to support English grammar learning, particularly in mastering parts of speech among Grade VII students at SMP Islam At Taubah. The initiative responds to a decline in learning quality as indicated in the 2023 national Education Report. The development process followed the ADDIE model integrated with Rapid Instructional Design (RID), which emphasizes practicality, flexibility, and iterative refinement based on user feedback. The process involved need analysis, design, prototyping, expert validation (content, visual design, and instructional strategy), limited trials (one-to-one and small group), and wider implementation in the classroom. Expert validation results showed that POSCARD was rated as “highly appropriate” with average scores above 90%. Effectiveness testing using pre-test and post-test revealed a significant improvement in students’ grammar comprehension, with an N-Gain score of 0.52, categorized as “moderate gain.” These results indicate that POSCARD can effectively enhance students’ understanding of grammar in an engaging and collaborative setting. By integrating competition and interaction within gameplay, POSCARD provides a meaningful learning experience that aligns with the developmental characteristics of junior high school learners and offers an innovative approach to grammar instruction.Keywords: Game-Based Learning, POSCARD, grammar, parts of speech, ADDIE-RID, instructional design

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1) Dr. Uwes Anis Chaeruman, M.Pd 2) Prof. Dr. Iva Sarifah, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Bahasa dan Kesusastraan > Sistem Penulisan dan Ejaan
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Bahasa dan Kesusastraan > Tata Bahasa Inggris
Bahasa dan Kesusastraan > Sistem Tulisan dalam Bahasa Inggris
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum)
Divisions: PASCASARJANA > S2 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mr Adien Novarisa
Date Deposited: 04 Nov 2025 02:18
Last Modified: 04 Nov 2025 02:18
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/62785

Actions (login required)

View Item View Item