PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS PENDEKATAN STEM UNTUK MENINGKATKAN COMPUTATIONAL THINKING SKILL PESERTA DIDIK KELAS XI SMA PADA MATERI IKATAN KIMIA

REFANI IZQI LUTHFIANISA, . (2025) PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS PENDEKATAN STEM UNTUK MENINGKATKAN COMPUTATIONAL THINKING SKILL PESERTA DIDIK KELAS XI SMA PADA MATERI IKATAN KIMIA. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (840kB)
[img] Text
BAB1.pdf

Download (626kB)
[img] Text
BAB2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (722kB) | Request a copy
[img] Text
BAB3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (785kB) | Request a copy
[img] Text
BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (930kB) | Request a copy
[img] Text
BAB5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (487kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendesain, mengembangkan, dan menguji kelayakan serta efektivitas desain pembelajaran berbasis pendekatan STEM untuk meningkatkan computational thinking skill peserta didik. Penelitian dilakukan di SMAIT Nur Hikmah Bekasi dengan metode Research and Development mengacu pada model SAM (Successive Approximation Model) yang terdiri dari preparation phase, iterative design phase, dan iterative development phase. Preparation phase menunjukkan perlunya desain pembelajaran kimia berbasis STEM yang mampu meningkatkan computational thinking peserta didik. Iterative design phase merancang desain pembelajaran. Iterative development phase meliputi uji kelayakan oleh ahli desain dan materi, serta uji coba skala kecil dan besar. Uji kelayakan ahli desain pembelajaran menghasilkan 80% (tujuan pembelajaran 80%, kegiatan pembelajaran 80%, strategi pembelajaran 80%, perangkat pembelajaran 80%, dan evaluasi 80%). Uji kelayakan ahli materi menghasilkan 93% (konsistensi 100%, relevansi 94%, kebahasaan 93%). Uji coba skala kecil memperoleh skor 82% dan skala besar 92%, dengan kepuasan pembelajaran masing-masing 87% dan 95%. Uji efektivitas menunjukkan kelas kontrol (t-hitung 2,48 > t-tabel 2,02) dan kelas eksperimen (t-hitung 4,75 > t-tabel 2,01) sama-sama signifikan, dengan n-gain lebih tinggi pada kelas eksperimen. Disimpulkan bahwa desain pembelajaran berbasis STEM layak digunakan dan efektif meningkatkan computational thinking skill peserta didik. Kata Kunci: desain pembelajaran, STEM, Computational Thinking Skill

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1) Dr. R.A.Murti Kusuma Wirasti, M.Si. 2) Prof. Dr. Maria Paristiowati, M.Si.
Subjects: Sains > Kimia
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: PASCASARJANA > S2 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Refani Izqi Luthfianisa .
Date Deposited: 05 Nov 2025 04:11
Last Modified: 05 Nov 2025 04:11
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/62788

Actions (login required)

View Item View Item