Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Quizizz Whiteboard dalam Pembelajaran E-learning di SMKN 25 Jakarta / CICILIA HALIM (Penelitian Skripsi Tahun Akademik 2025/2026 Jurusan Pendidikan Bisnis Fakultas Ekonomi dan Bisnis

CICILIA HALIM, . (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Quizizz Whiteboard dalam Pembelajaran E-learning di SMKN 25 Jakarta / CICILIA HALIM (Penelitian Skripsi Tahun Akademik 2025/2026 Jurusan Pendidikan Bisnis Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover_Cicilia Halim-1707620081.pdf

Download (779kB)
[img] Text
BAB 1_Cicilia Halim_1707620081.pdf

Download (338kB)
[img] Text
BAB 2_Cicilia Halim_1707620081.pdf
Restricted to Registered users only

Download (652kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3_Cicilia Halim_170720081.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4_Cicilia Halim_1707620081.pdf
Restricted to Registered users only

Download (951kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5_Cicilia Halim_1707620081.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka_Cicilia Halim_1707620081.pdf

Download (211kB)
[img] Text
LAMPIRAN_Cicilia Halim_1707620081_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah peserta didik merasa bosan dengan pembelajaran, kurangnya keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran, guru masih menggunakan metode ceramah, dan belum maksimalnya penggunaan dan pengembangan media pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif quizizz whiteboard dalam pembelajaran e-learning dasar-dasar pemasaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Reseach and Development) yang menggunakan model pengembangan ADDIE dengan 5 tahapan penelitian yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran SMKN 25 Jakarta. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu instrumen wawancara guru, angket validasi materi dan media, instrumen respon guru dan instrumen respon siswa. Hasil penelitian pengembang media pembelajaran interaktif quizizz whiteboard dalam pembelajaran e-learning pada pelajaran pemasaran barang dan jasa, menunjukkan hasil validasi oleh validator ahli media mendapatkan skor 66 dengan presentase 88% kategori “Sangat Baik” dan hasil validasi materi memperoleh skor 48 dengan presentase 96% kategori “Sangat Baik”. Respon guru terhadap media pembelajaran ini memperoleh skor 49 dengan presentase 98% kategori “Sangat Baik”. Respon peserta didik terhadap pembelajaran menggunakan media pembelajaran interaktif quizizz whiteboard memperoleh total skor 384 dengan presentase 85,33% kategori “Sangat Baik”. Dari penlitian dan data yang ditemukan menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran interaktif quizizz whiteboard ini sudah sangat layak digunakan saat pembelajaran di sekolah **** The problems in this study were student boredom with learning, lack of student engagement, teachers still using the lecture method, and the suboptimal use and development of learning media. The purpose of this study was to develop the Quizizz Whiteboard interactive learning media in e-learning marketing fundamentals. This research was a research and development (R&D) study using the ADDIE development model with five research stages: Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The subjects were 10th-grade students of Online Business and Marketing at SMKN 25 Jakarta. The instruments used in data collection were teacher interviews, material and media validation questionnaires, teacher response instruments, and student response instruments. Research conducted by developers of the Quizizz Whiteboard interactive learning media in e-learning for marketing goods and services showed that validation results by media expert validators obtained a score of 66, with a percentage of 88% in the "Very Good" category, and validation results from the material obtained a score of 48, with a percentage of 96% in the "Very Good" category. Teacher responses to this learning media obtained a score of 49, with a percentage of 98% in the "Very Good" category. Student responses to learning using the Quizizz Whiteboard interactive learning media obtained a total score of 384, with a percentage of 85.33% in the "Very Good" category. The research and data obtained indicate that the development of the Quizizz Whiteboard interactive learning media is highly suitable for use in school learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Roni Faslah, S.Pd., M.M. 2) Nadya Fadillah Fidhyallah, S.Pd., M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FE > S1 Pendidikan Bisnis
Depositing User: Cicilia Halim .
Date Deposited: 16 Dec 2025 07:05
Last Modified: 16 Dec 2025 07:05
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/62843

Actions (login required)

View Item View Item