PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK MESIN (STUDI DI SMKN 12 KOTA BEKASI)

MUHAMMAD IQBAL HAEKAL, . (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK MESIN (STUDI DI SMKN 12 KOTA BEKASI). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (244kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III .pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V .pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (335kB)
[img] Text
LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan dari media augmented reality berbasis android pada mata Pelajaran gambar teknik mesin. Penelitian ini menggunakan metode penelitian research and development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu : (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Media yang dikembangkan dirancang untuk menyajikan visualisasi objek secara 3D untuk meningkatkan pemahaman peserta didik pada materi, khususnya pada materi pada gambar potongan. Uji validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media, uji keterbacaan dengan kelompok kecil oleh tiga peserta didik dan uji kelayakan dilakukan oleh 26 peserta didik. Hasil uji kelayakan menunjukkan untuk validasi materi mendapatkan skor sebesar 95%, dari hasil uji validasi media mendapatkan skor sebesar 92%, dari hasil uji keterbacaan oleh kelompok kecil yaitu tiga peserta didik mendapatkan skor sebesar 92% dan hasil uji kelayakan 88%. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran augmented reality berbasis android “Sangat Layak” digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci : Media pembelajaran, Augmented Reality, Gambar Teknik Mesin, Android, ADDIE This study aims to develop and evaluate the feasibility of an Android-bases augmented reality (AR) learning media for the subject of a Mechanichal Engineering Drawing.The Research employed the research and development (R&D) method using the ADDIE development model, which consist of five stages : Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The develop media was designed to present 3D object visualization to enhance students’understanding of the subject matter, particulaty of sectional drawing. Validation tests were conduces by subject matter expert, media expert, a small group readability test involving three students, and a feasibility test involving 26 students. The result showed that material validation scored 95% , media validation scored 92%, the readability test scored 92%, and the feasibility test scored 88%. These results indicate that the Android-based augmented reality learning media is classisfied as “High Feasible” for use in the learning process. Keywords : Learning Media, Augmented Reality, Mechanical Engineering Drawing, Android, ADDIE

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Riyadi, S.T., M.T. 2) Dr. Ahmad Kholil, S.T., M.T.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: MUHAMMAD IQBAL HAEKAL .
Date Deposited: 17 Dec 2025 07:17
Last Modified: 17 Dec 2025 07:17
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/62864

Actions (login required)

View Item View Item