Ahmad Rofiki, . (2016) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI SMA NEGERI 30 JAKARTA Studi Kasus: Materi Sosiologi “Masyarakat Multikultural” Kelas XI SMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
ABSTRAK DAFTAR ISI SAMPAI BAB 1.pdf Download (366kB) |
|
Text
BAB 1 SPASI 2.pdf Download (340kB) |
|
Text
BAB II SPS SPASI 2.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB III KEREN SPASI 2.pdf Download (772kB) |
|
Text
BAB IV Spasi 22.pdf Download (654kB) |
|
Text
BAB V PENUTUP.pdf Download (93kB) |
|
Text
COVER LAPORAN OPIKI.pdf Download (82kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (126kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (154kB) |
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai implementasi pendidikan multikultural pada mata pelajaran sosiologi materi “masyarakat multikultural” saat proses pembelajaran di ruang kelas. Implementasi tersebut dilihat dari perencanaan kurikulum sampai pelaksanaan menggunakan pedoman kurikulum 2013. Di dalam implementasi ini bertujuan memberikan Arsip PPT dan sumber belajar materi yang membentuk kualitas pikiran siswa (imajinasi sosiologi) tentang materi masyarakat multikultural. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan studi kasus di SMAN 30 Jakarta, dari Januari – April 2016. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara. Informan kunci yaitu guru sosiologi, karena guru adalah aktor utama yang mengajar materi ini di ruang kelas, dan peserta didik, karena peserta didik adalah orang yang mendapatkan pemahaman materi ini di ruang kelas. Informan tambahannya adalah wakil kurikulum, yang melihat proses masuknya kurikulum 2013 di sekolah. Wawancara mendalam dilakukan kepada Ibu Sri (Guru Sosiologi), Ibu Nayla (Guru bantu Sosiologi), Ibu AY (Guru PPL Sosiologi tahun 2015), Pak Siswanto (Wakil Kurikulum), dan lima orang peserta didik J, A, L, S, V. Serta wawancara tidak terstruktur kepada beberapa peserta didik Amanda, Arthur, Joko dll. Hasil dari penelitian ini menjawab proses belajar materi masyarakat multikultural membuat kualitas pikiran (imajinasi sosiologi) siswa memahami sejarah keberagaman Indonesia karena faktor sejarah dan kondisi geografisnya; memahami heterogenitas masyarakat (struktur keberagaman) melalui diferensiasi sosial berdasarkan kesetaraan dalam HAM dan keadilan; memahami diri (sikap) yang menjunjung tinggi toleransi diantara individu yang berbeda SARA. Hasilnya adalah siswa menjadi terbuka dengan orang lain yang berbeda SARA dan meninggalkan efek buruk dari primordialisme dan etnosentrisme, memiliki sikap anti kekerasan antara satu dengan yang lainnnya dan menolak mengikuti tawuran pelajar. Hasil tersebut tentunya tidak bisa lepas dari metode belajar diskusi (SCL) dan keadilan pedagogi dari guru, serta media pembelajaran video Jogya The City of Tolerance, dan kultur pembelajaran yang demokratis-egaliter yang diterapkan guru di ruang kelas.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Robertus Robet, M.A ; 2). Syaifudin, M.Ksos |
Subjects: | Ilmu Sosial > Sosiologi |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Sosiologi |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 25 Oct 2019 14:47 |
Last Modified: | 25 Oct 2019 14:47 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/629 |
Actions (login required)
View Item |