PEMBELAJARAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK DENGAN AUTISME DI KELAS INTERVENSI DINI (Studi Deskriptif di SLB Pelita Hati Jakarta Timur)

ANISA KHUMAYASARI, . (2019) PEMBELAJARAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK DENGAN AUTISME DI KELAS INTERVENSI DINI (Studi Deskriptif di SLB Pelita Hati Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01 COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (36kB)
[img] Text
02 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (261kB)
[img] Text
03 ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (263kB)
[img] Text
04 LEMBAR PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (126kB)
[img] Text
06 KATA PENGANTAR.pdf

Download (159kB)
[img] Text
07 DAFTAR ISI.pdf

Download (173kB)
[img] Text
09 BAB I.pdf

Download (184kB)
[img] Text
10 BAB II.pdf

Download (306kB)
[img] Text
11 BAB III.pdf

Download (198kB)
[img] Text
12 BAB IV.pdf

Download (285kB)
[img] Text
13 BAB V.pdf

Download (104kB)
[img] Text
14 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (109kB)
[img] Text
15 LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
16 RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (97kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pembelajaran komunikasi peserta didik dengan autisme di SLB Pelita Hati Jakarta Timur yang meliputi: 1) Perencanaan pembelajaran di kelas intervensi dini, 2) Pelaksanaan pembelajaran di kelas intervensi dini, 3) Evaluasi pembelajaran di kelas intervensi dini. Subjek penelitian ini adalah peserta didik yang berinisial D dan A. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, hasil wawancara guru dan wakil kepala sekolah, dan hasil dokumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran komunikasi di SLB Pelita Hati menggunakan kurikulum Catrine Maurice melalui metode ABA dan pembelajaran individual dengan cara berkomunikasi secara verbal. Materi dan media pembelajaran disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik masing-masing peserta didik. Evaluasi pembelajaran yang dilakukan secara berkala.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Siti Nuraini P., M.Sp.Ed ; 2). Dr. Trisna Mulyeni, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pembelajaran Komunikasi, Autisme, Kelas Intervensi dini
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 01 Oct 2019 14:37
Last Modified: 01 Oct 2019 14:37
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/63

Actions (login required)

View Item View Item