PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IIS DI SMA NEGERI 30 JAKARTA

HENDY WIJAYA, . (2016) PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IIS DI SMA NEGERI 30 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI HENDY WIJAYA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara lingkungan belajar dan disiplin belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IIS di SMANegeri 30 Jakarta. Metode penelitian ini menggunakan metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa jurusan Ilmu-ilmu Sosial (IIS) kelas X yang berjumlah 143 siswa, kelas XI yang berjumlah 143 siswa, dan kelas XII yang berjumlah 142 siswa, sehingga jumlah keseluruhan populasi yaitu 428 siswa. Sedangkan populasi terjangkaunya adalah siswa kelas XI IIS sebanyak 143 siswa yang terdiri dari kelas XI IIS 1, XI IIS 2, XI IIS 3, dan XI IIS 4. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik sampling jenuh atau lebih dikenal dengan istilah sensus. Teknik analisis data menggunakan SPSS 20.0 dimulai dengan mencari uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas menggukan metode Komolgrov Smirnov dan didapat nilai lingkungan belajar (X1)sebesar 0,488; nilai disiplin belajar (X2) sebesar 0,064; nilai hasil belajar ekonomi (X3) sebesar 0,104 dengan demikian data berdistribusi normal. Dari hasil uji F dapat diketahui Fhitung 39,719 > Ftabel 3,06 sehingga dapat disimpulkan bahwa X1 dan X2 secara serentak berpengaruh terhadap X3. Uji t menghasilkan thitung X1 4,693 > ttabel 1,977 maka pengaruh positif antara lingkungan belajar terhadap hasil belajar ekonomi. Kemudian thitung X2 3,078 > ttabel 1,977 maka pengaruh positif antara disiplin belajar terhadap hasil belajar ekonomi. Dari hasil perhitungan diperoleh persamaan X3 = 0,402X1 + 0,264X2 + 0,6382. Adapun nilai Rsquare sebesar 0,362 yang artinya bahwa hasil belajar ekonomi dapat dijelaskan oleh lingkungan belajar dan disiplin belajar sebesar 36,2% dan sisanya sebesar 63,8% dipengaruhi dan dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Ari Saptono, SE, M.Pd ; 2). Dra. Rd. Tuty Sariwulan, M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 09 Apr 2020 09:38
Last Modified: 09 Apr 2020 09:38
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/6327

Actions (login required)

View Item View Item