PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN GAYA KOGNITIF TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK BAHASA INGGRIS MAHASISWA (Penelitian Eksperimen pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni FKIP Universitas Khairun)

AGUS SUPRIYADI, . (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN GAYA KOGNITIF TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK BAHASA INGGRIS MAHASISWA (Penelitian Eksperimen pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni FKIP Universitas Khairun). Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
KAFER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (668kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (954kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran dan gaya kognitif terhadap keterampilan menyimak bahasa Inggris mahasiswa semester V (lima) Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Khairun, Ternate tahun akademik 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan rancangan desain faktorial 2 x 2, pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 32. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) keterampilan menyimak bahasa Inggris mahasiswa yang diajar dengan model pembelajaran integratif lebih baik dibandingkan dengan mahasiswa yang diajar dengan model pembelajaran experiential; (2) keterampilan menyimak bahasa Inggris pada kelompok mahasiswa yang memiliki gaya kognitif mandiri (FI) lebih tinggi disbanding dengan kelompok mahasiswa yang memiliki gaya kognitif terikat (FD); (3) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan gaya kognitif terhadap keterampilan menyimak bahasa Inggris mahasiswa; (4) pada kelompok mahasiswa yang memiliki gaya kognitif terikat (FD) dan diajar dengan model pembelajaran experiential lebih baik daripada yang diajar dengan model integratif; (5) pada kelompok mahasiswa yang memiliki gaya kognitif terikat (FD) dan diajar dengan model pembelajaran integratif lebih rendah daripada yang diajar dengan model experiential. Hal tersebut disebabkan bahwa model experiential lebih tepat digunakan untuk mahasiswa yang memiliki gaya kognitif terikat (FD). Kata kunci: Keterampilan menyimak, model pembelajaran dan gaya kognitif ABSTRACT The objective of this research is to find out the effect of learning model and cognitive style on students’ English listening skill. The research was conducted at the English Study Education Program, Language and Art Department, Faculty of Teachres Training and Education of Universitas Khairun, Ternate. The research method is an experiment with the quantitative approach, using factorial design of 2 x 2. The sample size are 32 students. The research result showed that: (1) English listening skills of the students’ who taught with integrative learning models was higher than the student who taught with the experiential models; (2) English listening skills in groups of students who have a cognitive style of field independent was higher than those with the cognitive style of field dependent; (3) There is an influence of interaction between the learning model and cognitive style on students’ English listening skills; (4) in the group of students who have a cognitive style of field dependent and are taught with an experiential learning model more better than those taught with an integrative models; (5) in the group of students who have a cognitive style of field dependent and are taught with an integrative learning model lower than those taught with an experiential models. This is due to the fact that the experiential models is more appropriate for students who have a cognitive style of field dependent.

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Ilza Mayuni, M.A. ; 2). Dr. Ninuk Lustyantie, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Divisions: PASCASARJANA > S3 Linguistik Terapan
Depositing User: Users 2336 not found.
Date Deposited: 21 Apr 2020 11:17
Last Modified: 21 Apr 2020 11:17
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/6406

Actions (login required)

View Item View Item