PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN MENGGAMBAR DENGAN PERANGKAT LUNAK SISWA KELAS XI TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 6 BEKASI

SATRIA NURACHMAT, . (2018) PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN MENGGAMBAR DENGAN PERANGKAT LUNAK SISWA KELAS XI TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 6 BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
2. Skripsi.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dan besarnya pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran menggambar dengan perangkat lunak pada materi penggunaan sistem toolbars dalam penggambaran denah siswa SMK Negeri 6 Bekasi. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 6 Bekasi yang berjumlah 50 siswa. Dalam penelitian ini menggunakan metode survey dengan desain deskriptif korelasional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes soal uraian, teknik analisis data yang dipakai untuk menguji hipotesis adalah dengan teknik analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan gaya belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran menggambar dengan perangkat lunak siswa XI Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 6 Bekasi. Persamaan regresi yang diperoleh Fhitung = 7,373 > Ftabel = 0,814 pada taraf signifkan 0,05 (5%), koefisien regresi diperoleh Fhitung = 3,530 > Ftabel = 1,677 pada taraf signifkan 0,05 (5%). Kontribusi penggunaan gaya belajar terbimbing terhadap prestasi belajar menggambar dengan perangkat lunak pada materi penggunaan sistem toolbars dalam penggambaran denah didapatkan ratarata nilai sebesar 86,32 untuk kontribusi penggunaan gaya belajar mandiri didapatkan rata-rata nilai sebesar 77,72.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Riyan Arthur, M. Pd 2) Dra. Rosmawita Saleh, M. Pd
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Konstruksi Bangunan
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 25 Oct 2019 15:50
Last Modified: 25 Oct 2019 15:50
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/645

Actions (login required)

View Item View Item