PENGARUH PENGETAHUAN ANGGOTA TENTANG KOPERASI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PARTISIPASI ANGGOTA PADA KOPERASI PEGAWAI KEMENTERIAN AGAMA JAKARTA SELATAN

Kaenah Karlina, . (2016) PENGARUH PENGETAHUAN ANGGOTA TENTANG KOPERASI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PARTISIPASI ANGGOTA PADA KOPERASI PEGAWAI KEMENTERIAN AGAMA JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Kaenah Karlina.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pengetahuan anggota tentang koperasi dan kualitas pelayanan terhadap partisipasi anggota pada Koperasi Departemen Agama Jakarta Selatan. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulanterhitung mulai bulan Maret 2016 sampai dengan Mei 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota Koperasi Departemen Agama Jakarta Selatan berjumlah 1242. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 93 anggota koperasi dengan menggunakan teknik simple random sampling. Data variabel X1 (Pengetahuan Anggota Tentang Koperasi), X2 (Kualitas Pelayanan), dan Y (Partisipasi Anggota) instrumen yang digunakan adalah kuesioner dengan menggunakan model skala likert. Sebelum digunakan, dilakukan uji coba validitas konstruk (construct validity) melalui proses validasi yaitu perhitungan koefisien korelasi skor butir dengan skor total dan uji reliabilitas dengan rumus Alpha Cronbach.Hasil reliabilitas X1 sebesar 0,866 dan membuktikan bahwa instrumen tersebut reliabel. Hasil reliabilitas X2 sebesar 0,955 dan membuktikan bahwa instrumen tersebut reliabel. Hasil reliabilitas Y sebesar 0,696 dan membuktikan bahwa instrumen tersebut reliabel. Teknik analisis data menggunakan program SPSS versi 16.00 dimulai dengan mencari uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas menggunakan metode Komolgrov Smirnov Z dan didapat nilai X1 sebesar 0,437, X2 sebesar 0,360, dan Y sebesar 0,254 yang secara keseluruhan lebih besar dari signifikansi 0,05 maka data berdistribusi normal. Kemudian mencari uji asumsi klasik yaitu uji multikolinearitas dan heteroskedastisitas. Dari hasil uji multikolinearitas nilai Tolerance sebesar 0,818 yang lebih besar dari 0,1 dan VIF kurang dari 10 yaitu 1,22 dapat disimpulkan bahwa tidak terjadi masalah multikolinearitas. Selanjutnya mencari uji heteroskedastisitas dapat dilihat dari Scaatterplot terdapat pola titiktitik yang menyebar diatas dan dibawah angka 0 pada sumbu Y mengidentifikasi tidak terjadinya masalah heteroskedastisitas. Persamaan regresi yang diadapat adalah . Uji hipotesis yaitu uji F dalam tabel ANOVA diketahui Fhitung 37,562 > Ftabel 3,10. Uji t menghasilkan thitung dari pengetahuan anggota tentang koperasi 5,005 > ttabel 1,98, thitung dari kualitas pelayanan sebesar 4,263>ttabel 1,98. Kemudian uji koefisien determinasi diperoleh hasil 45,5%. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif dan signifikan pengetahuan anggota tentang koperasi dan kualitas pelayanan terhadap partisipasi anggota pada Koperasi Departemen Agama Jakarta Selatan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Endang Sri Rahayu, M.Pd ; 2). Ari Saptono, SE, M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Koperasi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 12 Apr 2020 17:14
Last Modified: 12 Apr 2020 17:14
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/6474

Actions (login required)

View Item View Item