HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN HASIL BELAJAR PENGANTAR AKUNTANSI 2 PADA SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 17 JAKARTA

LENI OKTAVIANI, . (2016) HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN HASIL BELAJAR PENGANTAR AKUNTANSI 2 PADA SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 17 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Leni Oktaviani_8105123304_PendakiReg12.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan konsep diri dan motivasi berprestasi dengan hasil belajar pengantar akuntansi 2 siswa kelas XI SMK Negeri 17 Jakarta tahun ajaran 2015/2016, baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMK Negeri 17 Jakarta yang terdiri dari jurusan Akuntansi, Administrasi Perkantoran dan Pemasaran. Jumlah populasi terjangkau sebanyak 161 orang siswa dengan sampel yang digunakan 114 orang siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda dan uji hipotesis yang terdiri atas uji t dan uji F. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa ada hubungan secara parsial antara konsep diri dengan hasil belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitung sebesar 1,991 lebih besar dari ttabel sebesar 1,981. Motivasi berprestasi secara parsial juga terdapat hubungan dengan hasil belajar, hal ini dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitung sebesar 3,198 lebih besar dari ttabel sebesar 1,981. Secara simultan ada hubungan antara konsep diri dan motivasi berprestasi dengan hasil belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai Fhitung sebesar 18,520 lebih besar dari nilai Ftabel sebesar 3,08. Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara konsep diri dan motivasi berprestasi dengan hasil belajar dengan koefisien korelasi ganda 0,500 dengan demikian, hipotesis penelitian diterima, selanjutnya diketahui koefisien determinasi (R2) sebesar 25%.Dari hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan antara konsep diri dan motivasi berprestasi dengan hasil belajar pengantar akuntansi 2.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Santi Susanti, S.Pd, M.Ak ; 2). Erika Takidah., M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 12 Apr 2020 18:49
Last Modified: 12 Apr 2020 18:49
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/6486

Actions (login required)

View Item View Item