PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN KONSEP DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA SMK NEGERI 40 JAKARTA

LIA EKAWATI, . (2016) PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN KONSEP DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA SMK NEGERI 40 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
LIA EKAWATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh motivasi berprestasi dan konsep diri terhadap hasil belajar akuntansi pada siswa SMK 40 Negeri Jakarta Timur. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan terhitung mulai bulan april sampai juni 2016. Metode penelitian yang digunakan metode survey dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang berjumlah 525 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 103 siswa dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Data variabel Y (Hasil Belajar) variabel X1 (Motivasi Berprestasi) dan data variabel X2 (Konsep Diri) merupakan data primer. Teknik analisis data menggunakan SPSS 20.0, dari hasil uji F dalam tabel ANOVA menghasilkan Fhitung (36,367) > Ftabel (3,09), hal ini berarti X1 dan X2 secara serentak berprengaruh terhadap Y. Uji t menghasilkan thitung X1 (5,638) > ttabel (1,658), karena thitung > ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara motivasi berprestasi dan konsep diri terhadap hasil belajar akuntansi. Kemudian thitung X2 (4.367) > ttabel (1,658), Karena thitung > ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara motivasi berprestasi dan konsep diri terhadap hasil belajar akuntansi. Kemudian uji koefisien determinasi diperoleh 0,649 artinya pengaruh variabel independen motivasi berprestasi dan konsep diri terhadap variabel dependent (hasil belajar) sebesar 64,9 %. Berdasarkan Persamaan Regresi Berganda didapat persamaan Ŷ = 4,105 + 0,493X1 + 0,345X2 Adapun nilai R2 sebesar 0,649 yang artinya bahwa variabel hasil belajar dapat dijelaskan oleh variabel motivasi berprestasi dan konsep diri sebesar 649 % dan sisanya sebesar 35,1 % dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, Terdapat pengaruh positif yang signifikan antara motivasi berprestasi dan konsep diri terhadap hasil belajar akuntansi dengan nilai Fhitung 36,367 > Ftabel 3,09. Artinya, jika motivasi berprestasi dan konsep diri tinggi maka hasil belajar akan tinggi. Begitupula sebaliknya, jika motivasi berprestasi rendah dan konsep diri siswa negatif maka hasil belajar akan rendah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Ponco Dewi. K, MM ; 2). Umi Widyastuti, SE., ME,
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 12 Apr 2020 19:33
Last Modified: 12 Apr 2020 19:33
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/6488

Actions (login required)

View Item View Item