PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA SISWA SMK GITA KIRTTI 2 JAKARTA

MEGA PERTIWI, . (2016) PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA SISWA SMK GITA KIRTTI 2 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
MEGA PERTIWI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh disiplin belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar pada siswa SMK Gita Kirtti 2 Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan terhitung mulai bulan Maret sampai dengan Juni 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SMK Gita Kirtti 2 Jakarta. Populasi terjangkaunya adalah seluruh siswa kelas XI administrasi perkantoran dan XI akuntansi yang berjumlah 130 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 95 siswa dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Data variabel Y (Prestasi Belajar) merupakan data sekunder yang didapat dari data nilai raport siswa pada semester genap tahun pengajaran 2015-2016. Sedangkan data variabel X1 (Disiplin Belajar) adalah data sekunder yang didapat dari data penilaian disiplin belajar serta variabel X2 (Lingkungan Belajar) adalah data primer yang didapat dari data instrumen yang digunakan adalah kuisioner dengan menggunakan model skala likert. Sebelum digunakan, dilakukan uji coba validitas konstruk (construct validity) melalui proses validasi yaitu perhitungan koefisien korelasi skor butir dengan skor total dan uji reliabilitas dengan rumus Alpha Cronbach. Hasil reliabilitas variabel X2 sebesar 0,951 dan membuktikan bahwa instrumen tersebut reliable. Teknik analisis data menggunakan program SPSS versi 22.0 dimulai dengan mencari uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas menggunakan metode Komolgrov Smirnov Z dan di dapat nilai X1 sebesar 0,195, X2 sebesar 0,110 dan Y sebesar 0,063 yang semuanya lebih besar dari signifikansi 0,05 maka data berdistribusi normal. Kemudian mencari uji asumsi klasik yaitu uji multikolinearitas dan heteroskedastisitas. Dari hasil uji multikolinearitas nilai Tolerance sebesar 0,860 yang lebih besar dari 0,1 dan VIF kurang dari 10 yaitu 1,163, dapat disimpulkan bahwa tidak terjadi masalah multikolinearitas. Selanjutnya mencari uji heteroskedastisitas dengan uji Spearman’s rho, yang menghasilkan nilai signifikansi X1 0,913 dan X2 0,328. Karena nilai signifikansi lebih dari 0,05 maka tidak terjadi masalah heteroskedastisitas. Persamaan regresi yang didapat adalah Ŷ=64,572+0,396X1+0,070X2 . Uji hipotesis yaitu uji F dalam tabel ANOVA, diketahui Fhitung 37,552> Ftabel 3,09. Uji t menghasilkan thitung dari disiplin belajar 5,649>ttabel 1,986 dan thitung dari lingkungan belajar sebesar 3,983>ttabel 1,986. Kemudian uji koefisien determinasi diperoleh hasil 44,9%. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara disiplin belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar pada siswa SMK Gita Kirtti 2 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Widya Parimita, SE, M.PA ; 2). Darma Rika S, S.Pd, M.SE
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 13 Apr 2020 17:45
Last Modified: 13 Apr 2020 17:45
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/6543

Actions (login required)

View Item View Item