PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENGANTAR EKONOMI DAN BISNIS PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 10 JAKARTA

MEGA RAHMAWATI, . (2016) PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENGANTAR EKONOMI DAN BISNIS PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 10 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI MEGA RAHMAWATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang Pengaruh Lingkungan Sekolah Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pengantar Ekonomi Dan Bisnis Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 10 Jakarta. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 10 Jakarta. Selama empat bulan terhitung sejak bulan Februari 2016 sampai dengan Mei 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional, populasi yang digunakan adalah Siswa Kelas XI SMK Negeri 10 Jakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan teknik acak sederhana sebanyak 127 orang. Untuk menjaring data dari kedua variabel digunakan model skala likert untuk lingkungan sekolah (X1) dan motivasi belajar (X2). Sebelum instumen digunakan, sebelummnya dilakukan uji validitas untuk variabel X1 dan X2. Untuk variabel X1 dari 27 butir pernyataan terdapat 24 pernyataan yang valid, sedangkan untuk X2 dari 30 pernyataan terdapat 25 pernyataan yang valid. Perhitungan reliabilitas kedua variabel tersebut menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil reliabilitas variabel X1 sebesar 0,887 dan variabel X2 sebesar 0,877. Hasil ini membuktikan bahwa instrumen dari kedua variabel terebut dapat dikatakan reliable. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Ŷ = 59.954 + 0,138X1 + 0,131X2. Dari uji keberartian regresi menghasilkan Fhitung > Ftabel yaitu 537,373 > 3,07 artinya persamaan regresi tersebut signifikan. Selanjutnya dilkukan uji t dan dihasilkan thitung X1-Y = 15,883 dan ttabel = 1,65 serta thitung X2-Y = 12,200 dan ttabel = 1,65. Koefisien kolerasi Product Moment dari Pearson menghasilkan rxy = 0,947 adalah signifikan. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 89,5% yang menunjukan bahwa hasil belajar dipengatuhi oleh lingkungan sekolah dan motivasi belajar. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa lingkungan sekolah dan motivasi belajar secara stimulan berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Rohyati, M,Pd, ; 2). Dra. Nurahma Hajat, M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Teori Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 13 Apr 2020 17:51
Last Modified: 13 Apr 2020 17:51
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/6544

Actions (login required)

View Item View Item