HUBUNGAN ANTARA CARA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PENGANTAR EKONOMI DAN BISNIS PADA SISWA KELAS X (SEPULUH) PEMASARAN DI SMKN 44 JAKARTA PUSAT

MELA MELIYANTI, . (2016) HUBUNGAN ANTARA CARA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PENGANTAR EKONOMI DAN BISNIS PADA SISWA KELAS X (SEPULUH) PEMASARAN DI SMKN 44 JAKARTA PUSAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Mela Meliyanti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan berdasarkan data atau fakta yang sahih dan valid, benar dan dapat dipercaya tentang seberapa besar hubungan antara Cara Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pengantar Ekonomi dan Bisnis Pada Siswa Kelas X (Sepuluh) Pemasaran di SMKN 44 Jakarta Pusat. Penelitian ini dilakukan selama lima bulan terhitung dari bulan Februari 2016 sampai dengan Juni 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Pemasaran di SMK N 44 Jakarta Pusat. Jumlah sampel dari penelitian ini adalah 58 siswa (berdasarkan tabel Isaac & Michael, dengan sampling error 5%). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan cara teknik acak sederhana (Random Sampling) Persamaan regresi linear sederhana yang dihasilkan dari tabel koefisien regresi sederhana adalah (Ŷ = 49,33 + 0,2603X). Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X dengan uji liliefors menghasilkan Lhitung = 0,1120, sedangkan Ltabel untuk n = 58 pada taraf signifikan 0.05 adalah = 0,1163. Karena Lhitung < Ltabel maka galat taksiran Y atas X berdistribusi normal. Uji Linieritas regresi menghasilkan Fhitung < Ftabel yaitu 1,20 < 1,92, sehingga disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut linear. Dari uji keberartian regresi menghasilkan Fhitung > Ftabel yaitu, 11,42 > 4,02, sehingga dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut signifikan. Koefisien korelasi product moment dari pearson menghasilkan rxy = 0,736, selanjutnya dilakukan uji keberartian koefisien korelasi dengan menggunakan uji t dan dihasilkan thitung = 3,380 dan ttabel = 1,67. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa koefisien korelasi rxy = 0,412 adalah positif dan signifikan. Berarti terdapat hubungan yang positf dan signifikan antara Cara Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pengantar Ekonomi Dan Bisnis Pada Siswa Kelas X (Sepuluh) Pemasaran Di Smkn 44 Jakarta Pusat. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,412 yang menunjukan bahwa 16,94% variabel hasil belajar ditentukan oleh cara belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Rochyati M.Pd ; 2). Dita Puruwita M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Teori Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 13 Apr 2020 18:28
Last Modified: 13 Apr 2020 18:28
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/6547

Actions (login required)

View Item View Item