PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA SMA NEGERI 54 JAKARTA TIMUR

MOHAMMAD HAEGKAL, . (2016) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA SMA NEGERI 54 JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI MOHAMMAD HAEGKAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada SMAn 54 Jakarta Timur. Pendidikan merupakan sebuah kebutuhan yang berguna bagi kehidupan manusia, baik dalam kehidupan sosial maupun dalam dunia pekerjaan. Hal tersebut menjadikan kualitas pendidikan menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Faktor yang diduga dapat memengaruhi prestasi belajar terkait kualitas pendidikan yaitu lingkungan keluarga dan motivasi belajar. Penelitian ini dilakukan di SMAN 54 Jakarta Timur dengan tujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh langsung atau tidak langsung lingkungan keluarga dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa. Dilakukan pengumpulan data dengan metode ex post facto serta Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah propotional random sampling yaitu teknik pengambilan sampel dengan memperhatikan proporsi dalam sampel wilayah. Teknik analisi data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur (path analysis). Diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh langsung yang signifikan dan positif antara lingkungan keluarga dan motivasi terhadap prestasi belajar di SMAN 54 Jakarta Timur dengan kontribusi langsung berturut-turut sebesar 0,873 dan 0,703. Lingkungan keluarga ternyata juga memeiliki pengaruh langsung yang signifikan dan positif terhadap motivasi belajar di SMAN 54 Jakarta Timur dengan kontribusi sebesar 0,674. Oleh karena itu, untuk meningkatkan prestasi belajar di SMAN 54 Jakarta diharapkan agar siswa memiliki pemahaman mengenai motivasi belajar dan membina hubungan yang baik dengan keluarganya, orang tua harus mendukung dengan melaksanakan fungsi – fungsi keluarga dengan baik, serta guru hendaknya ikut aktif dalam membantu memberikan informasi terkait pembelajaran, khususnya pemberian motivasi belajar kepada siswanya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. I. Ketut R. Sudiarditha, M.Si ; 2). Dra. Rd. Tuty Sariwulan, M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 13 Apr 2020 20:16
Last Modified: 13 Apr 2020 20:16
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/6559

Actions (login required)

View Item View Item