PENGARUH PENGHARGAAN DAN HUKUMAN TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA KELAS X SMK TUNAS PEMBANGUNAN JAKARTA SELATAN

MUHAMMAD NUR PIRDAUS, . (2016) PENGARUH PENGHARGAAN DAN HUKUMAN TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA KELAS X SMK TUNAS PEMBANGUNAN JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penghargaan dan Hukuman terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas X SMK Tunas Pembangunan Jakarta Selatan. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat pengaruh antara penghargaan terhadap kedisiplinan siswa, terdapat pengaruh antara hukuman terhadap kedisiplinan siswa, dan terdapat pengaruh antara penghargaan dan hukuman terhadap kedisiplinan siswa. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Tunas pembanguan dan populasi terjangkau adalah seluruh siswa kelas X bidang keahlian bisnis dan manajemen yang berjumlah 130 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling sehingga didapatkan sampel sebanyak 95 siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner. Berdasarkan hasil perhitungan uji koefisien regresi secara simultan , nilai Fhitung = 64,538 > Ftabel = 3,0954 dengan nilai siginifikansi 0,000 dan tingkat signifikansi 0,05, maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh penghargaan dan hukuman secara bersama-sama terhadap kedisiplinan siswa. sedangkan pada hasil uji koefisien regresi secara parsial, yaitu penghargaan terhadap kedisiplinan siswa sebesar thitung = 6,623 > ttabel = 1,986 dapat simpulkan penghargaan berpengaruh signifikan terhadap kedisiplinan siswa. Nilai thitung hukuman sebesar 2,196 > ttabel = 1,986 dapat disimpulkan hukuman berpengaruh secara signifikan terhadap kedisiplinan siswa. Uji Hipotesis menyatakan bahwa secara simultan maupun parsial semua variabel independen (penghargaan dan hukuman) memengaruhi variabel dependen (kedisiplinan siswa). Penemuan dalam penelitian ini menunjukan bahwa tertib merupakan indikator dominan dalam kedisiplinan siswa, respon positif merupakan indikator dominan dalam penghargaan, dan menegakkan peraturan merupakan indikator dominan dalam hukuman. Hasil menunjukan sebesar 58,40% penghargaan dan hukuman memengaruhi kedisiplinan siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Santi Susanti, S.Pd, M.Ak ; 2). Susi Indriani, S.E, M.S.Ak.
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 14 Apr 2020 15:56
Last Modified: 14 Apr 2020 15:56
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/6593

Actions (login required)

View Item View Item