PENGARUH KREATIVITAS BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SISWA SMK NEGERI 48 JAKARTA

NAZMI FARISI, . (2016) PENGARUH KREATIVITAS BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SISWA SMK NEGERI 48 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan selama 4 bulan terhitung bulan Januari 2016 sampai dengan bulan April 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Negeri 48 Jakarta. Populasi terjangkaunya adalah siswa kelas X Administrasi Perkantoran yang berjumlah 71 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik acak proporsional, sehingga sampel dalam penelitian ini berjumlah 58 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pencatatan dokumen, wawancara dan kuesioner. Untuk menjaring data hasil belajar (Y), kreativitas belajar (X1) dan disiplin belajar (X2) didapatkan dengan cara memberikan kuesioner kepada responden dan mengambil data hasil belajar semester genap responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji persyaratan analisis yang terdiri atas uji normalitas dan uji linearitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji hipotesis yang terdiri atas uji f dan uji t. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh secara parsial antara kreativitas belajar dengan hasil belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai 5,323> Ttable 1,671. Disiplin belajar berpengaruh secara parsial terhadap hasil belajar, hal ini dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitung 2,173> Ttable 1,671. Kreativitas belajar dan disiplin belajar secara serentak berpengaruh terhadap hasil belajar, hal ini dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai Fhitung sebesar 21,259. >Ftabel 2,38. Persamaan regresi yang didapat adalah Y = 57,586 + 0,720X1 + 0,467X2. Berdasarkan uji koefisien determinasi diperoleh nilai R2 sebesar 0,533 yang berarti kreativitas belajar (X1) dan disiplin belajar(X2) berpengaruh terhadap hasil belajar (Y) sebesar 43,6%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Rr. Ponco Dewi K. MM ; 2). Osly Usman, SE, M.Bus, Mgt.
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 14 Apr 2020 18:27
Last Modified: 14 Apr 2020 18:27
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/6615

Actions (login required)

View Item View Item