PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR PENGANTAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 47 JAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016

NOVMIAH JAYANTI, . (2016) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR PENGANTAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 47 JAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Novmiah .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa kelas X SMK Negeri 47 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik pencatatan dokumen, pengamatan dan kuesioner. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMK Negeri 47 Jakarta yang berjumlah 108 orang siswa dengan sampel 84 orang siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda, dan uji hipotesis yang terdiri atas uji t dan uji F. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa ada pengaruh secara parsial antara motivasi belajar dengan hasil belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitung sebesar 2,855 lebih besar dari ttabel sebesar 1,989. Lingkungan keluarga secara parsial juga terdapat pengaruh terhadap hasil belajar, hal ini dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitung sebesar 5,774 lebih besar dari ttabel sebesar 1,989. Secara simultan ada pengaruh antara motivasi belajar dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai Fhitung sebesar 24,104 lebih besar dari nilai Ftabel sebesar 3,11. Terdapat pengaruh yang positif antara motivasi belajar dan lingkungan keluarga dengan hasil belajar dengan koefisien korelasi ganda 0,611 dan koefisien determinasi (R2) sebesar 37,3%. Untuk meningkatkan motivasi belajar kedepannya siswa diharapkan lebih tekun dalam mengerjakan tugas dengan cara membentuk kelompok belajar. Kelompok belajar bisa memanfaatkan gadget untuk mendukung proses pembelajaran contohnya dengan diskusi belajar online, mencari materi yang diperlukan. Untuk meningkatkan lingkungan keluarga siswa harus membina hubungan baik dan berusaha dekat dengan keluarga serta menumbuhkan sikap saling mengerti, saling membantu terhadap anggota keluarga.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra Sri Zulaihati, M.Si, ; 2). Santi Susanti, S.Pd., M.Ak.,
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 15 Apr 2020 13:52
Last Modified: 15 Apr 2020 13:52
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/6669

Actions (login required)

View Item View Item