PENGARUH MANAJEMEN WAKTU DALAM BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI KELAS X DI SMK NEGERI 50 JAKARTA

NURHIDAYAT, . (2016) PENGARUH MANAJEMEN WAKTU DALAM BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI KELAS X DI SMK NEGERI 50 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Nurhidayat - 8105123345 (Pendidikan Akuntansi Reguler 2012).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan apakah ada pengaruh antara manajemen waktu dalam belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran akuntansi. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 50 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode ex post facto dengan pendekatan korelasional. Populasinya adalah seluruh siswa SMK Negeri 50 Jakarta dan populasi terjangkaunya adalah seluruh siswa kelas X akuntansi dan kelas X administrasi perkantoran yang berjumlah 140 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah propotional random sampling dan ditentukan melalui rumus Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5%. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 siswa. Data sampel untuk variabel independen menggunakan terknik kuesioner. Teknik analisis data menggunakan IBM SPSS Statistic 22 dimulai dengan uji persyaratan analisis. Uji Normalitas dengan onesample kolmogorov-smirnov test ditemukan angka 0,200 untuk ketiga variabel. Sedangkan menggunakan liliefors test ditemukan angka 0,200 untuk hasil belajar, 0,167 untuk manajemen waktu, dan 0,200 untuk minat belajar yang mana angka tersebut lebih dari taraf signifikansinya 0,05. Hasil uji linearitas X1 dengan Y dan X2 dengan Y adalah 0,000. Keduanya kurang dari 0,05 dan dapat disimpulkan bahwa X1 dengan Y dan X2 dengan Y memiliki hubungan yang linear. Persamaan regresinya diperoleh Ϋ=11,187+0,528X1+0,305X2. Uji hipotesis untuk uji F dalam tabel ANOVA menghasilkan Fhitung (23,648) > Ftabel (3,092). Hal tersebut berarti X1 dan X2 secara bersama-sama mempunyai hubungan dengan Y. uji t menghasilkan thitung X1 (3,006) > ttabel (1,985) dan thitung X2 (2,429) > ttabel (1,985). Dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang positif antara manajemen waktu dan minat belajar terhadap hasil belajar dengan koefisien korelasi simultan 0,573, yang berarti hipotesis penelitian diterima dan setelah itu diketahui koefisien determinasinya (R2) adalah 32.8%

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Ati Sumiati, S.Pd., M.Si. ; 2). Erika Takidah, SE., M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 15 Apr 2020 18:17
Last Modified: 15 Apr 2020 18:17
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/6686

Actions (login required)

View Item View Item