PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI SISWA SMK NEGERI 8 JAKARTA SELATAN KOMPETENSI KEAHLIAN AKUNTANSI

NURUL ISMI, . (2016) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI SISWA SMK NEGERI 8 JAKARTA SELATAN KOMPETENSI KEAHLIAN AKUNTANSI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Nurul Ismi 8105128064.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Siswa SMK Negeri 8 Jakarta Selatan Kompetensi Keahlian Akuntansi tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian menggunakan metode survey dengan pendekatan korelasi. Pengumpulan data menggunakan teknik kuisioner dan pendekatan dokumen. Populasi terjangkau penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 8 Jakarta sebanyak 102 siswa, sedangkan jumlah sampel sebanyak 78 siswa yang dipilih secara acak. Pengujian prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan linieritas. Pengujian asumsi klasik menggunakan uji multikolinieritas dan heterokedastisitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda dan analisis koefisien korelasi ganda. Hasil penelitian ini adalah (1) Motivasi Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi yang ditunjukkan dengan nilai t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 4,969 > 1,992, koefisien korelasi (r) sebesar 0,498 yang artinya keeratan hubungan antar variabel sedang, koefisien determinasi sebesar 0,248 yang artinya sebesar 24,8% variabel ini mempengaruhi Minat Melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, (2) Prestasi Belajar tidak berpengaruh terhadap Minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi yang ditunjukkan dengan nilai t hitung lebih kecil dari t tabel yaitu 0,466 < 1,992, koefisien korelasi (r) sebesar 0,054 yang artinya keeratan hubungan antar variabel cukup rendah, koefisien determinasi sebesar 0,03 yang artinya sebesar 3% variabel ini mempengaruhi Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi, (3) Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi yang ditunjukkan dengan nilai F hitung lebih besar dari F tabel sebesar 12, 811 > 3,12, koefisien korelasi (R) sebesar 0,505 yang artinya keeratan hubungan antar variabel kuat, koefisien determinasi sebesar 0,235 yang artinya sebesar 23,5% kedua variabel ini secara bersama-sama mempengaruhi Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Santi Susanti, S.Pd, M.Ak. ; 2). Erika Takidah, M.Si.
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 16 Apr 2020 11:47
Last Modified: 16 Apr 2020 11:47
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/6694

Actions (login required)

View Item View Item