OCKY SULISTIANINGSIH, . (2016) HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN HASIL BELAJAR PENGANTAR AKUNTANSI PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMK NEGERI 46 DI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
SKRIPSI_OCKY_8105128066.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara konsep diri dengan hasil belajar Pengantar Akuntansi pada peserta didik kelas X SMK Negeri 46 di Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan terhitung mulai bulan Maret 2016 sampai dengan bulan Mei 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMK Negeri 46 di Jakarta yang berjumlah 215 peserta didik. Berdasarkan tabel populasi dan sampel dengan taraf kesalah 5% maka diperoleh sampel sebanyak 131 peserta didik dengan menggunakan teknik acak sederhana. Data dari variabel X tentang konsep diri merupakan data primer berbentuk kuesioner dan variabel Y tentang hasil belajar merupakan data sekunder berupa nilai Ulangan Akhir Semester (UAS). Uji persyaratan analisis yang dilakukan adalah dengan mencari persamaan regresi yang didapat adalah Ŷ = 17,96 + 0,354X. Hasil uji normalitas liliefors menghasilkan Lhitung = 0,074 dan Ltabel = 0,077 pada taraf signifikansi (a) = 0.05 untuk jumlah sampel (n) 131. Karena Lhitung= (0,074) < Ltabel = (0,077) maka variabel X dan Y berdistribusi normal. Pengujian hipotesis dengan uji keberartian regresi menghasilkan Fhitung (26,00) > Ftabel (3,92), yang berarti persamaan regresi tersebut signifikan. Uji kelinieran regresi menghasilkan Fhitung (1,20) < Ftabel (1,51), sehingga Fhitung< Ftabel, maka dapat disimpulkan bahwa model persamaan regresi adalah linier. Uji koefisien korelasi product moment menghasilkan rhitung = 0,410. Uji-t menghasilkan thitung (5,10) > ttabel (1,66). Dengan demikian dapat dinyatakan koefisien korelasi rxy = 0,410 adalah signifikan. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 16,77% menunjukkan bahwa 16,77% variasi hasil belajar ditentukan oleh konsep diri dan sisanya 83,23% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara konsep diri dengan hasil belajar Pengantar Akuntansi pada peserta didik kelas X SMK Negeri 46 di Jakarta.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Nuryetty Zain, MM, ; 2). Susan Febriantina, S.Pd., M.Pd |
Subjects: | Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi |
Divisions: | FE > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 16 Apr 2020 12:10 |
Last Modified: | 16 Apr 2020 12:10 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/6709 |
Actions (login required)
View Item |