PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN JARINGAN DASAR UNTUK SISWA KELAS XI TKJ DI SMK TUNAS TEKNOLOGI BEKASI

SITI NUR FATIMAH, . (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN JARINGAN DASAR UNTUK SISWA KELAS XI TKJ DI SMK TUNAS TEKNOLOGI BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi_Siti Nur Fatimah_5235111851_PTIK.pdf

Download (9MB)

Abstract

Seiring dengan kemajuan teknologi komunikasi dan informasi pada saat ini, media pembelajaran memiliki posisi sentral dalam proses belajar dan bukan semata-mata sebagai alat bantu. Media pembelajaran memainkan peran yang cukup penting untuk mewujudkan kegiatan belajar menjadi lebih efektif dan efisien. Dalam posisi seperti ini, pengguna media pembelajaran dikaitkan dengan apa-apa saja yang dapat dilakukan oleh media, yang mungkin tidak mampu dilakukan oleh guru atau guru melakukannya dengan kurang efektif dan efisien. Di SMK Tunas Teknologi Bekasi, terdapat beberapa masalah dalam penyampaian materi oleh guru menggunakan media non multimedia yang sudah ada. Masalah yang ditemui pada saat pengamatan, antara lain kurangnya media pada sistem pembelajaran, penggunaan metode pembelajaran guru yang masih cenderung konvensional serta tingkat pemahaman siswa pada mata pelajaran jaringan dasar yang masih kurang di minati. Maka dari itu media pembelajaran merupakan salah satu komponen penting dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan sebagai sumber belajar bagi guru-guru mata pelajaran jaringan dasar dan membantu proses pembelajaran menjadi lebih mudah, singkat, dan menyenangkan. Metode pengembangan yang digunakan R&D (Research and Development) yaitu : potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji sekala kecil, revisi produk, produk final media pembelajaran interaktif. Pengujian pada penelitian ini dengan teknik purposive sample dengan mengambil 10 orang siswa kelas XI jurusan TKJ SMK Tunas Teknologi. Berdasarkan hasil uji ahli materi mendapatkan persentase kelayakan sebesar 100%, sedangkan hasil uji media mendapatkan persentase kelayakan sebesar 86.6% dan hasil uji coba skala kecil mendapatkan persentase kelayakan sebesar 93,2%. Oleh karea itu, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis flash berjalan dengan baik dan telah di validasi oleh ahli materi, media dan berhasil dikembangkan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Hamidillah Ajie, S.Si., MT 2) Ficky Duskarnaen, ST., M.Sc
Subjects: Sains > Matematika > Ilmu Komputer
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 28 Oct 2019 11:05
Last Modified: 28 Oct 2019 11:05
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/671

Actions (login required)

View Item View Item