NOVALIYOSI, . (2020) PERKEMBANGAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS MATEMATIS MELALUI PENDEKATAN CRA (CONCRETE-REPRESENTATIONAL-ABSTRACT) DISERTAI PENILAIAN PORTOFOLIO (Penelitian Quasi Eksperimen dengan Desain Time Series). Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (34MB) | Request a copy |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (30MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
COVER.pdf Download (35MB) |
Abstract
Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui perkembangan atau perubahan kemampuan berpikir logis matematis melalui pendekatan Concrete-Representational-Abstract (CRA) disertai penilaian portofolio. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain time series, perlakuan diberikan pada satu kelompok (simple interrupted time series) dengan subyek 37 mahasiswa. Instrumen yang digunakan berupa lembar kegiatan mahasiswa (LKM) menggunakan pendekatan CRA dengan penilaian portofolio, tes kemampuan berpikir logis matematis yang terdiri dari 4 paket soal. Analisis data menggunakan uji prasyarat (normalitas), uji t berpasangan, stacking data dengan Rasch model menggunakan program winstep, analisis perkembangan (tren). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perkembangan (tren) kemampuan berpikir logis matematis sebelum dan setelah pembelajaran dengan menggunakan pendekatan CRA yang disertai penilaian portofolio meningkat secara bertahap berdasarkan urutan waktu dengan gradien sebesar 0,508, artinya kemampuan berpikir logis matematis mahasiswa meningkat sebesar 0,508 logit setiap minggu 2) Perkembangan atau perubahan kemampuan berpikir logis matematis setiap individu antara sebelum dan setelah pembelajaran dengan menggunakan pendekatan CRA yang disertai penilaian portofolio cenderung naik atau meningkat berdasarkan nilai logit yang diperoleh setiap individu mahasiswa hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil stacking data pada Rasch model. ************** The purpose of this research is to find trends or changes of mathematical logical thinking ability through Concrete-Representational-Abstract (CRA) with portfolio assessment. This research is a quasi experiment with time series design, used one group (simple interrupted time series) with 37students. The instrument consisted of student activity sheets (LKM) using CRA with portfolios, tests of mathematical logical thinking ability consisted of 4 packages. Data analysis using normality test, paired sample t-test, stacking data with Rasch model using the winstep software, analysis of trends. The result indicate that: 1) there are trends of mathematical logical thinking ability before and after learning using CRA approach with portfolios increasing in the order of time, the slope 0,508 thats mean that students mathematical logical thinking ability increased 0.508 logit every week 2) there are changes in measure logical thinking ability of each individual between before and after learning using CRA with portfolios increasing based on the logit value obtained by each individual students. . Keywords: Logical Thinking, Concrete-Representational-Abstract, Time Series.
Item Type: | Thesis (Doktor) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Buhanuddin Tola, MA. ; 2). Dr. Wardani Rahayu, M.Si. |
Subjects: | Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Tinggi, Universitas |
Divisions: | PASCASARJANA > S3 Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan |
Depositing User: | Users 1653 not found. |
Date Deposited: | 23 Apr 2020 15:07 |
Last Modified: | 23 Apr 2020 15:07 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/6744 |
Actions (login required)
View Item |