REFANY NOVIA SIBORO, . (2016) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KOMITMEN GURU DI SMK BINA SISWA UTAMA 1 BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
SKRIPSI REFANY NOVIA SIBORO (8105128080).pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kecerdasan emosional dan kepuasan kerja terhadap komitmen guru di SMK Bina Siswa Utama 1 Bekasi. Penelitian ini menggunakan metode ex-facto dengan pendekatan korelasional. Pengamatan terhadap SMK Bina Siswa Utama 1 Bekasi dilakukan melalui sensus. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan terdapat pengaruh positif kecerdasan emosional terhadap komitmen guru dengan hasil thitung (3,190) > ttabel (1,67793), dan terdapat pengaruh positif antara kecerdasan emosional dan kepuasan kerja terhadap komitmen guru dengan hasil thitung (2,608) > ttabel (1,67793), dan terdapat pengaruh positif antara kecerdasan emosional dan kepuasan kerja terhadap komitmen guru dengan hasil Fhitung (19,466) > Ftabel (3,20). Variasi pengaruh dari kedua variabel bebas dapat diketahui berdasarkan nilai R2 sebesar 0,453. Sehingga 45,3% variabel komitmen guru dipengaruhi oleh kecerdasan emosional dan kepuasan kerja dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar model penelitian. Keeratan hubungan secara simultan antara variabel kecerdasan emosional, kepuasan kerja, dan komitmen guru adalah kuat sebesar 0,673.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Rd. Tuty Sariwulan, M.Si ; 2). Ari Saptono SE, M.Si, |
Subjects: | Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru |
Divisions: | FE > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 17 Apr 2020 09:41 |
Last Modified: | 17 Apr 2020 09:41 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/6797 |
Actions (login required)
View Item |