PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS ANAK MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK (Penelitian Action Research Pada Kelompk B di TK Pertiwi 3 Kecamatan Ilir Barat II Palembang, Sumatra Selatan)

HERINA YUNITA, . (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS ANAK MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK (Penelitian Action Research Pada Kelompk B di TK Pertiwi 3 Kecamatan Ilir Barat II Palembang, Sumatra Selatan). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.PDF.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.PDF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (665kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2.PDF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.PDF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.PDF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.PDF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.PDF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.PDF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis anak kelas B2 di TK Pertiwi dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B2 TK Pertiwi 3 kota Palembang yang berjumlah tujuh belas orang anak. Teknik 3 Palembang. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas yang pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan deskriftif kualitatif. Berdasarkan data yang diperoleh presentase keampuan berfikir kritis anak pada pra siklus berada pada rata-rata presentase sekitar 50 %. Pada siklus I hanya 3 orang dari 17 anak yang mencapai skor presentase minimal, dapat dikatakan hanya seperempat anak yang mencapai nilai TCP yang di tetapkan sebesar 75%. Pada siklus II terlihat adanya peningkatan kemampuan berfikir kritis anak dengan skor keseluruhan rata-rata 85,42%, Dapat dikatakan hampir setengah anak di kelas B2 kemampuan berfikir kritinya meningkat. Hal ini terlihat ari t adanya peningkatan kemampuan berfkir kritis anak pada tiap siklusnya mulai dari pra siklus, siklu I, dan siklus II. Kata Kunci: Pendekatan Saintifics, Berfiki Kritis, Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1.) Dr. R, Sri Martini Meilanie, M.Pd 2.) Dr. Fahrurrozi, M.Pd
Subjects: Karya Umum > Karya Tulis Perguruan TInggi
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Herina Yunita .
Date Deposited: 21 Apr 2020 12:47
Last Modified: 21 Apr 2020 12:47
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/6800

Actions (login required)

View Item View Item