Hubungan antara Perilaku Kewargaan Organisasi dengan Kinerja Pada karyawan PT Bank BRI, Tbk Kantor Wilayah I

Reza Gustama, . (2016) Hubungan antara Perilaku Kewargaan Organisasi dengan Kinerja Pada karyawan PT Bank BRI, Tbk Kantor Wilayah I. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Reza Gustama.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara perilaku kewargaan sosial dengan kinerja pada karyawan PT. Bank BRI,tbk Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama empat bulan terhitung mulai bulan Maret sampai Juni 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan PT Bank BRI, Tbk Kantor Wilayah I Jakarta yang berjumlah 97 karyawan, sampel yang diambil sebanyak 72 responden dengan menggunakan teknik simple random sampling . Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data variabel X (Perilaku Kewargaan Organisasi) diukur menggunakan kuesioner dengan skala Likert. Untuk variabel Y (Kinerja) diukur dengan skala Likert. Teknik analisis data dimulai dengan mencari persamaan regresi yang didapat adalah Ŷ = 54,86+0,284X. Hasil uji normalitas Liliefors menghasilkan Lhitung = 0,096 sedangkan Ltabel 0,104 karena Lhitung < Ltabel maka variabel X dan Y berdistribusi normal. Pengujian hipotesis dengan uji keberartian regresi menghasilkan Fhitung sebesar 53,76 dan Ftabel sebesar 3,96. Fhitung (53,76) > Ftabel (3,96) yang berarti persamaan regresi tersebut signifikan. Uji kelinieran regresi menghasilkan F tabel 0,77 sedangkan F hitung 1,63. Fhitung (0,77) < Ftabel (1,63) sehingga disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut linier. Uji koefisien korelasi product moment menghasilkan rhitung sebesar 0,607. Selanjutnya dilakukan perhitungan uji signifikansi dengan menggunakan uji-t, menghasilkan thitung (7,33) > ttabel (1,66). Berdasarkan hasil penelitian tersebut iii menyimpulkan bahwa terdapat hubungan antara Perilaku Kewargaan Organisasi dengan Kinerja pada karyawan PT Bank BRI,tbk Kantor Wilayah I Jakarta. Berdasarkan hasil analisis dimensi maka dimensi yang perlu menjadi perhatian ditingkatkan adalah Sportmanship (sportivitas) dengan rata-rata 18,81%. Sedangkan dimensi yang paling berperan adalah dimensi Civic virtue (kepedulian) dan memiliki skor rata–rata pernyataan yang paling besar dibandingkan dengan dimensi lainnya Perhitungan uji koefisien determinasi diperoleh hasil 8,53% maka dapat diambil kesimpulan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Perilaku Kewargaan Organisasi dengan Kinerja. Berdasarkan implikasi dari hasil penelitian, maka peneliti memberikan masukan dan saran sebagai bahan pertimbangan bagi pihak manajemen PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Kantor Wilayah I maupun peneliti lain untuk pengembangan penelitian lebih lanjut sebagai berikut: 1. Berdasarkan hasil analisis indikator, maka karyawan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Kantor Wilayah I diharapkan untuk lebih memiliki sikap altruism dimana karyawan dapat saling membantu dalam bekerja. 2. Demikian pula pihak manajemen perusahaan perlu melakukan pembinaan karyawan untuk menumbuhkan sikap saling membantu antar karyawan atau antar bagian yang telah berhasil menyelesaikan pekerjaannya membantu karyawan lain yang mengalami kesulitan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Widya Paramita SE M.PA ; 2). Munawaroh M.Si.,
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 17 Apr 2020 10:27
Last Modified: 17 Apr 2020 10:27
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/6804

Actions (login required)

View Item View Item