PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PENGANTAR AKUNTANSI 1 SISWA KELAS X SMK NEGERI 46 JAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016

RIDHO SETIA PUTRA, . (2016) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PENGANTAR AKUNTANSI 1 SISWA KELAS X SMK NEGERI 46 JAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI_RIDHO SETIA PUTRA_8105123246_PENDIDIKAN AKUNTANSI REG'12.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan minat belajar terhadap hasil belajar pengantar akuntansi 1 siswa kelas x SMK Negeri 46 Jakarta tahun ajaran 2015/2016, baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Jurusan Akuntansi dan siswa kelas X Jurusan Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 46 Jakarta yang berjumlah 143 orang siswa dengan sampel 100 orang siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda dan uji hipotesis yang terdiri atas uji t dan uji F. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa ada pengaruh secara parsial antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitung sebesar 2,367 lebih besar dari ttabel sebesar 1,985. Minat belajar secara parsial juga terdapat pengaruh terhadap hasil belajar, hal ini dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitung sebesar 5,247 lebih besar dari ttabel sebesar 1,985. Secara simultan ada pengaruh antara kecerdasan emosional dan minat belajar terhadap hasil belajar. Dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai Fhitung sebesar 32,933 lebih besar dari nilai Ftabel sebesar 3,09. Terdapat pengaruh yang positif antara kecerdasan emosional dan minat belajar dengan hasil belajar dengan koefisien korelasi ganda 0,636 maka hipotesis penelitian diterima, selanjutnya diketahui koefisien determinasi (R2) sebesar 40,4%. Dari hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh antara kecerdasan emosional dan minat belajar terhadap hasil belajar pengantar akuntansi 1.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Sri Zulaihati M.Si ; 2). Ati Sumiati S.Pd.,M.Si.,
Subjects: Ilmu Sosial > Perdagangan > Akuntansi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 17 Apr 2020 18:55
Last Modified: 19 Aug 2022 08:11
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/6833

Actions (login required)

View Item View Item