PENGEMBANGAN KAPASITAS ANAK JALANAN MELALUI PENDIDIKAN KESEHATAN (Studi Kasus: Anak Jalanan di Rumah Belajar Yayasan Keluarga Anaklangit)

Cyndi Meinita, . (2016) PENGEMBANGAN KAPASITAS ANAK JALANAN MELALUI PENDIDIKAN KESEHATAN (Studi Kasus: Anak Jalanan di Rumah Belajar Yayasan Keluarga Anaklangit). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cyndi Meinita_4815116808.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan kapasitas anak jalanan melalui pendidikan kesehatan di rumah belajar Yayasan Keluarga Anaklangit. Model konseptual pengembangan kapasitas kepribadian anak mencangkup rangkaian proses pembelajaran, yakni pengetahuan (kognitif), sikap (afektif), dan keterampilan (psikomotorik). Ketiga domain tersebut merupakan modal peserta didik melakukan sebuah tindakan, yang mana tindakan tersebut akan memanfaatkan sumber daya yang dia miliki untuk mencapai sebuah tujuan hidup sehat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam, wawancara tidak terstruktur, dan studi dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu tiga anak jalanan dengan rentang usia 14-15 tahun. Informan kunci dalam penelitian ini terdiri dari empat orang yaitu sekretaris dan pengurus rumah belajar. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi yang diperoleh melalui observasi dan pengecekkan dengan hasil diskusi. Temuan hasil penelitian menunjukkan bahwa masalah yang dihadapi anak merupakan akibat keadaan ekonomi yang sulit sehingga mendorong mereka untuk bekerja di jalanan. Pengetahuan yang rendah menimbulkan kesenjangan antara informasi kesehatan dan praktek kesehatan. Akses untuk mendapatkan informasi tentang kesehatan masih terbatas sehingga perlu adanya sosialisasi tentang pendidikan kesehatan. Oleh karena itu, rumah belajar YKA memperkenalkan mereka ke dalam dua jenis pendidikan, yakni formal dan non-formal. Rumah belajar sebagai pendidikan non-formal membekali mereka informasi-informasi kesehatan, mengajarkan anak berlatih mandiri untuk menjaga kesehatannya, menanamkan nilai dan norma kesehatan melalui Program Gerakan Anak Sehat. Tahap pelaksanaan pembelajaran diisi dengan pembahasan materi kesehatan, pemeriksaan kesehatan, asupan gizi, dan gerakan kesehatan Metode yang dipakai dalam PGAS pada dasarnya ialah metode bermain yang digabung dengan metode tanya jawab dan ceramah. Sedangkan media belajar yang digunakan adalah media sederhana yang ada di sekitar rumah belajar. Hasil dari temuan penelitian menunjukkan peserta didik yang belatar belakang anak jalanan mampu menggunakan sumber daya kemampuan berupa kognitif, afektif, psikomotorik dalam mencapai tujuan hidup sehat. Berbekal informasi dan pengetahuan kesehatan, anak terbentuk menjadi keperibadian yang baik, mempunyai rasa mandiri, tanggung jawab, dan mampu bertindak dalam mengambil keputusan untuk menjaga dirinya dengan menghindari kebiasaan buruk dan membentuk kebiasaan menguntungkan kesehatan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ikhlasiah Dalimoenthe, M.Si ; 2). Syaifudin, M.Kesos
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 28 Oct 2019 11:45
Last Modified: 28 Oct 2019 11:45
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/684

Actions (login required)

View Item View Item