RIRIN APRILIA, . (2016) PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X AKUNTANSI PADA PELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI SMK NEGERI 14 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
SKRIPSI_RIRIN APRILIA.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan perpustakaan dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X akuntansi pada pelajaran pengantar akuntansi SMK Negeri 14 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto dengan pendekatan korelasional. Pengumpulan data menggunakan teknik pencatatan dokumen, pengamatan dan kuesioner. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi di SMK Negeri 14 Jakarta yang berjumlah 109 orang siswa dengan sampel 85 orang siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, analisis regresi dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa ada pengaruh positif secara parsial antara pemanfaatan perpustakaan dengan hasil belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitung sebesar 4,106 lebih besar dari ttabel sebesar 1,989. Minat belajar secara parsial juga terdapat pengaruh positif terhadap hasil belajar, hal ini dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitung sebesar 4,435 lebih besar dari ttabel sebesar 1,989. Secara simultan ada pengaruh antara pemanfaatan perpustakaan dan minat belajar terhadap hasil belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai Fhitung sebesar 61,801 lebih besar dari nilai Ftabel sebesar 3,11. Terdapat pengaruh yang positif antara pemanfaatan perpustakaan dan minat belajar terhadap hasil belajar dengan koefisien korelasi ganda 0,775 dan koefisien determinasi (R2) sebesar 60,1%. Untuk meningkatkan pemanfaatan perpustakaan sekolah kedepannya diharapkan sekolah dapat menerapkan perpustakaan dengan konsep digital atau yang dikenal dengan E – library) sehingga dapat menyesuaikan dengan perkembangan IPTEK selain itu memudahkan siswa dalam mencari dan menggunakan bahan pustaka, akses informasi lebih cepat serta jumlah referensi akan lebih banyak yang mendukung proses belajar siswa. Untuk meningkatkan minat belajar juga dapat memberikan pembelajaran yang aktif, menarik dan menyenangkan sehingga siswa menikmati belajar maka akan semakin mudah memahami materi dan mencapai hasil belajar yang maksimal
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Ati Sumiati, M.Si., ; 2). Achmad Fauzi, S.Pd, M.Ak., |
Subjects: | Karya Umum > Karya Tulis Perguruan TInggi |
Divisions: | FE > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 17 Apr 2020 20:21 |
Last Modified: | 17 Apr 2020 20:21 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/6842 |
Actions (login required)
View Item |