PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS (Studi Etnografi pada MAS Jeumala Amal Lueng Putu Kabupaten Pidie Jaya Provinsi Aceh)

Maulizan Zainal Abidin, . (2020) PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS (Studi Etnografi pada MAS Jeumala Amal Lueng Putu Kabupaten Pidie Jaya Provinsi Aceh). Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (828kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (552kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (587kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan memperoleh pemahaman yang mendalam tentang pembelajaran bahasa Inggris di MAS Jeumala Amal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode etnografi. Data hasil penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, catatan lapangan dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan pembelajaran bahasa Inggris didesain dengan mengintegrasikan dua kemampuan yaitu kemampuan fungsional dan komunikasi; kemampuan fungsional diajarkan melalui kegiatan belajar mengajar; kemampuan komunikasi dilatih pada kegiatan kokurikuler di Pesantren, (2) Kebiasaan belajar siswa di MAS Jeumala Amal menggunakan pola behavioristik yang menekankan pembiasaan dalam keterampilan berbahasa dengan pola army method yang mendisiplinkan siswa, (3) Pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran bahasa yang digunakan pada MAS Jeumala Amal bervariasi, sesuai dengan keterampilan bahasa yang akan diajarkan, (4) Media pembelajaran yang digunakan meliputi media cetak, audio, visual dan audiovisual, (5) sistem penilaian yang diterapkan pada MAS Jeumala amal yaitu penilaian yang komprehensif dan berkesinambungan yang dilakukan pada semua keterampilan bahasa sebelum, selama dan setelah proses pembelajaran. Hasil penelitian ini berguna sebagai bahan pertimbangan bagi pelaku pendidikan dalam melakukan persiapan, proses dan evaluasi pembelajaran bahasa Inggris. Kata Kunci: pembelajaran bahasa Inggris, kebiasaan belajar, studi etnografi This study aims to gain a deep understanding of learning English in MAS Jeumala Amal. This research applied a qualitative approach with ethnographic methods. The data were obtained through observation, interviews, field notes and document analysis. The results showed that (1) The implementation of English learning was designed by integrating two abilities namely functional and communication skills; functional abilities are taught through teaching and learning activities; communication skills are trained in co-curricular activities in Islamic boarding schools, (2) student learning habit in MAS Jeumala Amal use behavioristic theory which emphasizes habituation in language skills with army method patterns that discipline students, (3) approaches, methods, and language learning techniques used in MAS Jeumala Amal varies, according to the language skills taught, (4) learning media models used print, audio, visual and audiovisual media, (5) the assessment system applied to the MAS Jeumala Amal is a comprehensive and continuous assessment conducted on all language skills before, during and after the learning process. The research results were useful as a material consideration for educational practitioners in conducting the preparation, process and evaluation of English Learning. Keywords: english learning, learning model, study ethnography

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1) Prof. Dr. Aceng Rahmat, M.Pd 2) Prof. Dr. Zuriyati, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Divisions: PASCASARJANA > S3 Ilmu Pendidikan Bahasa
Depositing User: Users 2663 not found.
Date Deposited: 22 Apr 2020 12:36
Last Modified: 22 Apr 2020 12:36
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/6899

Actions (login required)

View Item View Item