PENGARUH MINAT BELAJAR DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SISWA SMK NEGERI 40 JAKARTA

SAFIRAH KHAIRANA, . (2016) PENGARUH MINAT BELAJAR DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SISWA SMK NEGERI 40 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
safirah 8105128090.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh minat belajar dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar pada siswa SMK Negeri 40 Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan terhitung bulan Febuari 2016 sampai dengan bulan April 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Negeri 40 Jakarta. Populasi terjangkaunya adalah siswa kelas X yang berjumlah 136 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik acak proporsional, sehingga sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pencatatan dokumen, wawancara dan kuesioner. Untuk menjaring data hasil belajar (Y), minat belajar (X1) dan motivasi berprestasi (X2) didapatkan dengan cara memberikan kuesioner kepada responden dan mengambil data hasil ulangan harian semester genap responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji persyaratan analisis yang terdiri atas uji normalitas dan uji linearitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji hipotesis yang terdiri atas uji f dan uji t. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh secara parsial antara minat belajar dengan hasil belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilaithitungsebesar 4,348 > nilai ttabelsebesar 1,658. Motivasi berprestasi berpengaruh secara parsial terhadap hasil belajar, hal ini dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilaithitung 4,348>nilai ttabelsebesar 1,658. Minat belajar dan motivasi berprestasi secara serentak berpengaruh terhadap hasil belajar, hal ini dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilaiFhitungsebesar 80,778>nilai Ftabelsebesar 3,09. Persamaan regresi yang didapat adalah Y = 17,119 + 0,163X1 + 0,270X2. Berdasarkan uji koefisien determinasi diperoleh nilai R2 sebesar 0,625 yang berarti minat belajar (X1) dan motivasi berprestasi (X2) berpengaruh terhadap hasil belajar (Y) sebesar 62,5%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Rr. Ponco Dewi K. MM ; 2). Darma Rika S. S.Pd, M. SE
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 20 Apr 2020 17:01
Last Modified: 20 Apr 2020 17:01
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/6956

Actions (login required)

View Item View Item